12 Metode Ampuh dan Cepat untuk Mengusir Rengit di Rumah

Cara mengusir rengit sebelumnya tidak efektif? Untuk membuat rumah jad lebih bersih dan bebas hama, coba ikuti saran di bawah ini! Rengit, ngengat, atau hewan kaper, adalah jenis serangga yang dekat dengan kupu-kupu dan termasuk dalam Ordo Lepidoptera.

Kupu-kupu adalah kelompok kecil yang muncul dari ngengat. Di rumah, rengit atau ngengat sering mengganggu dan mengganggu. Selain itu, ketika hewan ini terbang secara tiba-tiba di depan Anda. Kebanyakan spesies ngengat beraktivitas pada malam hari, tetapi ada juga yang berkeliaran dari pagi hingga sore. Sarang ngengat ada di mana-mana, bahkan di rumah. Apakah rumah Anda akan ditinggali hingga hama yang satu ini berkembang biak?

Itu tidak boleh dibiarkan!

Kami memiliki panduan ampuh untuk menyingkirkan ngengat yang bersarang di rumah Anda. Dijamin efektif dan cepat!

Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik, simak instruksi berikut untuk mengusir kupu-kupu putih di rumah!

Cara Mudah Menggubris Rengit di Rumah:

1. Gunakan Kapur Barus

Jenis ngengat dengan nama latin Heterocera sangat beragam. Jenis Tineidae sering datang ke rumah dan bersarang di lemari pakaian. Mereka menyerang pakaian yang terbuat dari benang berserat alami seperti wol dan sutra. Banyak kapur barus untuk mencegah hewan kecil ini masuk dan bertelur di dalam. Menurut sumber resmi, kapur barus, juga dikenal sebagai kamper, adalah zat padat berbentuk lilin berwarna putih dan agak transparan yang memiliki aroma yang unik dan kuat. Zat yang terkandung dalam kapur barus biasanya digunakan sebagai wewangian, bumbu makanan (hanya di India), cairan pembalseman, obat-obatan, bahan kimia, dan upacara keagamaan. Selasih kamper adalah bahan utama pembuat kamper di Asia.

Perlu diketahui bahwa ngengat sangat tidak menyukai bau kapur barus. Dengan cara ini, Anda dapat menempatkan bahan pengawet ruangan di pojokan lemari atau gantungan baju. Salah satu manfaat kapur barus biasanya adalah membuat ngengat tidak tahan, membuat mereka enggan mengunjungi lokasi yang diberikan obat. Banyak orang percaya bahwa kapur barus atau kamper hanya dapat membuat ruangan harum, menurut CNN Indonesia.

Namun, kapur barus alami (Dryibalanops Aromatica), yang diambil dari bagian tengah pohon kapur, memiliki beberapa manfaat untuk tubuh manusia. Seorang antropolog kesehatan Rusmini Tumanggor mengatakan bahwa kapur barus alami dapat menghangatkan tubuh saat berada di tempat yang dingin. Namun, kapur barus yang dimaksud adalah rempah-rempah yang dibuat langsung dari pohonnya. Silakan mencoba menggunakan kapur barus untuk mengusir ngengat.

2. Mint Daun

Jika Anda tidak suka bau kapur barus, Anda dapat menggantinya dengan bahan alami yang lebih ramah lingkungan. Beberapa orang percaya bahwa baunya sangat menusuk hidung dan dapat menyebabkan mual.

Ya, itu tergantung pada selera Anda!

Daun mint adalah salah satu bahan alami yang dapat digunakan untuk menghilangkan ngengat di rumah. Genus mentha, juga dikenal sebagai mint, terdiri dari 25 spesies. Daunnya yang segar memiliki rasa dingin yang ideal untuk digunakan sebagai campuran, minuman, pasta gigi, atau perasa permen.

3. Lilin Lavender

Lavender ditanam dan dikembangkan secara luas di iklim sedang sebagai tanaman hias, bahan makanan, dan ekstrak minyak esensial untuk keperluan komersial. Salah satu manfaat utama lavender adalah kemampuan untuk membuat hama kabur, yang merupakan alasan mengapa tanaman ini sering digunakan sebagai bagian dari metode pengusir ngengat.

4. Cengkeh

Keluarga pohon Myrtaceae terdiri dari tangkai bunga kering yang berbau cengkeh. Cengkih, tanaman asli Indonesia, banyak digunakan sebagai bumbu masakan pedas di seluruh Eropa. Ini menunjukkan bahwa cengkeh juga dapat membantu mengusir rengit dari rumah.

5. Lemon

Kelompok jeruk ini menghasilkan buah yang digunakan sebagai minuman, obat batuk, dan penyedap masakan. Ini biasanya digunakan untuk mencuci rambut dan menghilangkan karatan. Salah satu cara lain untuk menghilangkan rengit di rumah adalah dengan menggunakan jeruk nipis.

6. Daun Kayu Hitam

Daun dan ranting kayu putih biasanya diolah dan digunakan sebagai minyak balur tubuh, pengobatan, campuran parfum, dan produk rumah tangga lainnya. Minyak dari daun dan ranting kayu putih dapat diperoleh melalui proses penyulingan uap. Anda dapat melapisi bahan alami dengan kain bekas atau kasa.

Simpan di tempat ngengat bersarang dan ganti secara teratur jika baunya tidak lagi tercium. Agar bahan alami ini tidak membusuk dan menimbulkan bau yang tidak menyenangkan, buatlah menjadi potpourri atau versi yang telah dikeringkan.

Menggunakan minyak esensial dengan aroma ini juga dapat dilakukan, asalkan ditempatkan dengan aman agar tidak tumpah.

7. Rajin Membersihkan Sudut Rumah

Membersihkan setiap sudut rumah adalah langkah penting dalam mengusir rengit. Menutup lemari setelah mengambil pakaian adalah cara untuk mencegah ngengat masuk ke dalam. Jika ngengat telah masuk ke lemari dan bertelur di dalamnya, segera periksa pakaian Anda dan cuci dengan air panas jika ada bagian lain yang telah terkena serangan ngengat.

Setelah lemari kosong, bersihkan bagian dalamnya dengan vacuum cleaner hingga benar-benar bebas dari debu. Untuk menghilangkan ngengat, gunakan vacuum cleaner secara teratur. Enggat masih bisa berkembang pada remah, hewan peliharaan, rambut manusia, serangga mati, serat, dan lainnya, bahkan jika Anda menyimpannya dengan baik.

Vacuum cleaner sangat baik untuk menyedot ngengat, baik telur, larva, pupa, atau dewasa, dari karpet, kain, atau tempat yang sulit dijangkau. Periksa area di bawah furnitur, dinding, sudut, karpet, tirai kusen jendela, dan laci. Jika kita rajin membersihkan ruangan di rumah kita, ngengat akan mudah ditemukan. Langkah selanjutnya adalah membersihkan bagian dalam lemari dengan air detergen. Terakhir, keringkan bagian dalam lemari dengan lap bersih. Setelah itu, gunakan kapur barus atau bahan alami yang telah disebutkan di atas untuk memakai pakaian bersih.

8. Masukkan Barang yang Terkena Ngengat ke dalam Kulkas

Barang sudah tertular ngengat? Memasukkan barang ke dalam lemari es adalah sebuah cara yang jarang kita pikirkan. Faktanya, larva dan telur ngengat mudah dihancurkan dengan freezer. Masukkan semua barang ke dalam kantong plastik dan masukkan ke dalam kulkas sebanyak mungkin. Setelah empat hari, dingin akan membunuh semua telur ngengat, larva, dan pupa. Pastikan item hangat sebelum dikeluarkan dari botol.

Suhu di bawah -8 derajat Celsius akan membunuh gengat. Misalnya, boneka yang telah terkontaminasi dimasukkan ke dalam plastik bersih dan disimpan di freezer. Setelah itu, cuci boneka dengan detergen. Selain itu, metode ini dapat digunakan untuk membunuh larva yang telah bersarang di dalam. Telor dan larva akan dihancurkan oleh panas dan agitasi yang dibuat oleh menyetrika atau mesin pengering.

9. Membersihkan Barang yang Terkena Ngengat

Anda juga dapat mencuci pakaian yang diserang larva ngengat dengan membekukan dan memanaskan seperti cara di atas. Untuk membersihkan rengit dengan benar, ikuti langkah-langkah berikut:

Pakaian harus direndam selama satu atau dua jam dalam air panas dengan detergen.
Bersihkan permukaan menggunakan sikat setelah mengangkat pakaian.
Tempatkan objek di bawah sinar matahari.
Setelah kering, setrika pakaian agar seluruh pori-porinya terkena panas.
Lipat dan simpan kembali ke dalam lemari bersih.
Berkembang biak dalam pakaian Anda membutuhkan usaha ekstra.

Untuk berkembang biak, mereka membutuhkan makanan dari noda urin, keringat, dan kulit mati. Jadi, menjaga wol bersih akan melindungi mereka.

Sementara ngengat dewasa hanya berhubungan seks dan bertelur, larva dan telur ngengat sangat rapuh. Inilah sebabnya ngengat jarang merusak barang yang secara teratur digunakan.

10. Mengelola Barang dengan Baik

Tidak hanya larva tetapi juga ngengat dewasa tidak dapat masuk ke tanah yang keras. Oleh karena itu, cara terbaik untuk memastikan pakaian wol atau sutra hewan tidak rusak adalah menyimpannya di dalam kantong plastik kedap.

Untuk menghindari dampak negatif dari ngengat yang bersarang hingga mengembangbiakkan larva, Anda harus memastikan bahwa barang tersebut disimpan dengan benar. Sebelum menyimpannya, pastikan bahwa barang tersebut tidak terkontaminasi oleh ngengat dewasa, telur, atau larva. Penyimpanan membutuhkan penghalang yang tak tertembus. Tas plastik besar akan bagus jika ditutup dengan panas atau pita.

Selain itu, wadah plastik yang diletakkan di bawah tempat tidur dapat berfungsi dengan baik. Ketika setiap bukaan disegel dengan selotip, kotak yang kokoh juga akan berfungsi. Anda dapat menggunakan penolak ngengat atau fumigan untuk menambahkan lapisan perlindungan apa pun yang Anda pilih. Pastikan semua barang di rumah, terutama pakaian, dicuci sebelum digunakan kembali.

11. Mencegah Makanan Jatuh ke dalam Jangkauan Ngengat

Simpan makanan di tempat yang rapat, seperti wadah plastik, agar tidak dimakan ngengat. Plastik tipis, karton, dan kertas tidak akan mempertahankan makanan di bak. Wadah plastik yang kuat dan kedap udara adalah yang terbaik. Selama masa penyebaran ngengat, banyak ngengat menyimpan barang-barang di freezer sampai diperlukan. Namun, jika ngengat masuk ke rumah Anda, segera buang dan bersihkan dengan cara yang telah dijelaskan sebelumnya.

Jangan takut kehilangan sesuatu karena telur dan larva ngengat sebenarnya lebih berbahaya dan dapat membahayakan kesehatan Anda. Bersihkan seluruh area dengan sabun dan air.

12. Cara Menggunakan Perangkap dan Pestisida untuk Mengusir Rengit

Untuk menghilangkan ngengat, pestisida hampir selalu tidak diperlukan dan tidak disarankan. Ini karena ngengat tinggal di area sensitif seperti sekitar makanan dan pakaian. Namun demikian, tindakan yang berani jelas diperlukan untuk mencapai penyebaran tingkat lanjut. Penyemprot serangga dapat digunakan secara aman untuk mengisi retakan di dinding ruangan, tepi karpet, dan retakan di ruangan bagian dalam di mana ngengat, larva, dan telur paling sering bersarang.

Semprotan aerosol juga dapat berfungsi dengan baik di lokasi tersebut. Produk mikroenkapsulasi sering direkomendasikan untuk mengontrol ngengat yang lebih lama di meja rias, lemari, lemari, dan di bawah furnitur.

Saat ini, perangkap ngengat yang mengandung feromon telah muncul dengan cepat dalam beberapa tahun terakhir. Meskipun perangkap ini aman dan efektif untuk membunuh ngengat, spesies lain mungkin tidak mengalami reaksi yang sama.

Fakta yang Jelas atau Mengganggu

Salah satu hama perkebunan di banyak bagian bumi adalah ngengat dan larvanya. Ulat dari ngengat gipsi, misalnya, merusak hutan di bagian timur laut Amerika Serikat. Ngengat codling merusak banyak lahan, terutama perkebunan buah, di wilayah dengan iklim sedang.

Karena larvangengat Tineidae memakan kain seperti baju dan selimut yang terbuat dari serat alami seperti woll dan sutra, mereka sering dianggap sebagai hama. Namun, bahan yang dicampur dengan serat buatan biasanya tidak digunakan.

Dibandingkan dengan nyamuk dan lalat, ngengat lebih tahan terhadap pembasmi hama.

Jadi, agar hama ini tidak lagi mengganggu kehidupan sehari-hari kita, kita perlu tahu cara membasmi ngengat yang tepat.

Namun, tidak semua ngengat berbahaya.

Ulat sutera, larva ngengat domestik Bombyx mori, adalah beberapa jenis ngengat yang bermanfaat dan diternakan.

Ulat sutera diternak agar mereka dapat mengambil kepompongnya.

Selain itu, perlu diingat bahwa ngengat dewasa tidak memakan kain.

Orang-orang besar seperti Lun, Polyphemus, Atlas, Prometheus, dan Cercropia tidak memiliki mulut dan meminum nektar sebagai makanan mereka.

Jadi, larva ngengat bisa sangat berbahaya bagi kita dalam beberapa situasi.

Memahami cara yang tepat untuk mengusir ngengat sekarang lebih jelas, bukan?

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *