18 Cara Alami dan Sesuai Pandangan Islam untuk Mengusir Tokek Di Rumah

Tokek sering ditemukan berkeliaran di rumah-rumah di kota, meskipun habitat aslinya adalah hutan. Hewan ini tidak hanya menjijikkan, tetapi banyak orang yang takut mereka menggigit. Selain itu, suara tokek sangat keras dan cukup mengganggu. Bagaimana cara paling efektif untuk mengusir tokek?

Metode Penghapusan Tokek di Rumah

Ada banyak cara untuk mengusir tokek di rumah. Selain itu, bahan-bahan yang dapat digunakan untuk membasmi cicak besar ini mudah ditemukan di sekitar rumah Anda.

Berikut ini adalah beberapa metode sederhana dan mudah untuk menghapus tokek dari rumah Anda selamanya.

1. Taruh Cangkang Telur

Di antara banyak manfaat cangkang telur, ini adalah salah satunya. Untuk mengusir tokek, letakkan serpihan cangkang telur di tempat mereka sering lewat atau di sarang. Kehadiran cangkang telur dapat membuat tokek merasa terganggu secara psikologis, membuatnya percaya bahwa cangkang telur adalah organisme lain yang menempati sarangnya. Oleh karena itu, tokek akan merasa tidak nyaman dan segera meninggalkan tempatmu. Sangat disarankan untuk menempatkan cangkang telur di beberapa tempat sekaligus agar tokek cepat kabur dari rumah. Mengganti kulit setiap dua minggu juga penting.

2. Cairan Anti Nyamuk

Coba lihat di rumah apakah ada cairan anti nyamuk yang tinggal. Jika ada, gunakan untuk menyingkirkan tokek yang mengganggu. Anda hanya perlu menyemprotkan atau mengoleskan cairan pada area di mana tokek sering lewat. Sangat disarankan untuk menyemprot cairan tersebut ke lokasi di mana mereka bersembunyi. Mengapa tokek bisa kabur? Karena hewan ini tidak menyukai bau wangi. Anda tidak hanya dapat menggunakan cairan pengusir nyamuk, tetapi juga lotion khusus untuk mengusir nyamuk!

3. Memasang Lampu Malam

Karena sensitivitasnya terhadap cahaya, tokek biasanya senang nongkrong di sekitar langit-langit rumah yang kurang pencahayaan. Jadi, pasang lampu tambahan di tempat tokek sering berada. Ketika tokek muncul di kamar tidur atau kamar mandi, Anda dapat menggunakan sinar senter. Ketika Anda terkejut dan ketakutan, teknik mengusir tokek ini sangat efektif.

4. Menurunkan Temperatur Ruangan

Ternyata tokek adalah salah satu jenis reptil yang tahan panas dan tidak dapat beradaptasi dengan suhu rendah. Jadi, ubah suhu rumah menjadi lebih dingin atau sejuk. Menggunakan AC, kipas angin, atau sering membuka pintu atau jendela adalah beberapa cara untuk menyejukkan ruangan. Selain itu, pastikan rumah Anda memiliki sirkulasi udara yang baik. Ini akan membuat suhu ruangan menjadi lebih sejuk dan cicak hilang.

5. Pastikan Rumah Setiap Saat Bersih

Salah satu alasan mengapa banyak tokek di rumah adalah karena tidak ada tempat yang kotor. Serangga kecil pasti akan menemukan tempat bersarang di rumah yang kotor. Ketahuilah bahwa tokek makan serangga kecil. Semakin banyak serangga di rumah, semakin banyak cicak besar ini. Cara yang paling mudah adalah membersihkan setiap sudut rumah secara teratur. Tidak ada sisa makanan adalah hal yang paling penting untuk dipastikan. Tokek akan secara bertahap hilang jika kebersihan tetap terjaga. Sekarang Anda hanya perlu belajar mengusir tokek satu per satu.

6. Menggunakan Suara untuk Mengusir Tokek

Suara nyaring dapat mengusir tokek dari rumah Anda. Cobalah memukul benda yang nyaring saat hewan ini muncul dan tidak mau enyah. Beberapa contohnya adalah batang kayu, lembaran seng, ember, dan panci.

7. Mengoleskan Bubuk Kapur Barus

Percayalah, kapur barus memiliki banyak manfaat untuk mengusir serangga dan tokek. Mengapa begitu? Ternyata tokek dan cicak tidak menyukai bau kapur barus. Selain itu, metode untuk mengusir tokek ini sangat mudah dilakukan. Semua yang Anda butuhkan adalah beberapa kapur barus. Untuk mengusir serangga, dioleskan pada dinding atau perabot. Ini digunakan di tempat cicak biasa bersembunyi, seperti di atas plafon atau di belakang lemari.

8: Air Merica

Selain itu, campuran air dan merica bubuk dapat membuat hewan berkulit bintik ini kabur dari rumah Anda. Masukan kedua campuran ke dalam botol semprotan. Setelah itu, semprotkan air merica setiap hari ke tempat tokek bersembunyi atau bersarang, maka mereka akan lemah dan pergi. Tokek akan kepanasan dengan merica pedas. Itu sebabnya jika Anda melakukan ini, mereka tidak akan tahan. Anda juga bisa menambahkan cabai bubuk.

9. Gunakan Tembakau

Ini sebenarnya adalah metode pengusir cicak yang lebih efektif. Tembakau juga akan sangat efektif untuk mengusir tokek karena tokek dan cicak tidak jauh berbeda. Caranya mudah: letakkan tembakau di tempat yang biasa dilewati oleh tokek. Apa yang terjadi jika tokek sering berkumpul di sekitar lampu? Masukkan tembakau ke dalam plastik yang dibolongi dan gantungkannya di dekat lampu. Itu sangat mudah. Setelah beberapa saat, aroma tembakau yang kuat akan menyebar dan membuat tokek tidak nyaman.

Bukankah cara yang cukup mudah untuk mengusir tokek?

10. Bawang Merah

Bawang merah dan merica memiliki senyawa yang dapat membuat badan tokek pedih atau perih. Bahkan bawang putih dan bawang bombay dapat digunakan untuk mengusir tokek. Bahan-bahan ini juga memiliki bau yang mengganggu. Untuk menggunakannya, iris beberapa siung bawang merah, letakkan pada cawan, dan simpan di mana Anda pikir tokek akan bersembunyi. Jika Anda ingin menggunakan metode pengusir tokek saat ini, ada satu hal yang harus Anda ingat. Setelah satu minggu, ganti bawang merah!

11. Pembuangan Air Garam

Agar tokek di rumah pergi, campurkan garam dan air. Cipratan air garam ini menimbulkan reaksi cepat pada kulit tokek, menyebabkan ketidaknyamanan bagi mereka. Dibandingkan dengan keharusan untuk melakukannya berulang kali ketika hewan ini muncul dari tempat persembunyian mereka… Lebih baik membuat larutan air garam dan semprotkannya dengan botol semprotan. Saat akan digunakan, kocok air dan garam dalam botol, lalu semprotkan ke tokek.

12. Kulit Jeruk Manis

Buah jeruk memiliki aroma segar dan masam yang khas. Banyak orang menggunakan jeruk atau kulit jeruk sebagai wewangian alami untuk membuat minyak aroma terapi atau potpourri. Kulit jeruk ternyata membantu mengusir tokek secara alami. Caranya, remasan kulit jeruk pada bagian tubuh yang sering dihinggapi tokek. Tokek menjauh dari aroma jeruk karena mereka tidak suka.

13. Membakar Daun Kering

Salah satu cara lain untuk mengusir tokek adalah dengan membuat asap dari daun kering. Asap ini akan mengganggu mereka sehingga mereka akhirnya meninggalkan rumahmu. Beberapa lembar daun kerang dari halaman harus dimasukkan ke dalam kaleng. Kemudian bakar kaleng dengan korek api dan tempatkan di dekat tempat tokek bersembunyi. Agar asap dari bakar daun kering tidak mengganggu pernapasan di rumah, pastikan tidak membakar terlalu banyak daun kering.

14. Pakaian Bulu Burung Merak

Meskipun metode ini agak berbeda, ia telah digunakan sejak lama dan telah terbukti efektif. Hanya butuh beberapa helai bulu burung merak. Jika sudah ada, Anda hanya perlu gantung atau tempelkannya di tempat yang biasa dilewati tokek. Ternyata tokek sangat takut akan bulu merak. Kenapa kira-kira begitu? Tokek akan mengidentifikasi predator berdasarkan corak bulu burung merak yang menyerupai mata. Apalagi jika bulu terpapar cahaya, yang akan membuat tokek ketakutan.

15. Ampas Kopi 

Jika dicampur dengan tembakau, kopi bekas seduhan membantu mengusir tokek di rumah. Masukkan bubuk tembakau dan ampas kopi ke dalam wadah, aduk, lalu buat bola-bola kecil. Tancapkan lidi atau tusuk gigi di tengah tiap bola kopi. Bola harus ditempatkan di area rumah di mana tokek sering lewat, di tempat yang dianggap sebagai sarangnya, atau di halaman yang bersemak. Bola kopi dapat menyebabkan kematian tokek setelah beberapa saat.

16. Pasang Lem Tikus dan Perangkap

Alat dan bahan yang digunakan untuk menangkap tikus juga dapat digunakan untuk mengusir tokek. Pertama, gunakan lem tikus yang sangat lengket. Oleskan lem pada bidang secara merata. Jangan lupa untuk memberi serangga atau semut umpan. Selanjutnya, letakkan area di atas atap atau tempelkannya pada dinding dengan paku. Cara kedua adalah menggunakan kandang kawat kecil sebagai perangkap tikus. Gunakan umpan makanan di kandang, seperti yang dilakukan dengan perangkap lem. Cara mengusir tokek dengan menangkapnya disebut ampuh.

17. Memelihara Kucing Rumahan

Ternyata memiliki kucing peliharaan di rumah juga dapat membantu menghilangkan tokek. Suara lantang dan cengkraman kuku kucing membuat tokek takut sehingga tidak mau masuk ke rumah.

18. Makan Getah Buah Nangka

Ternyata menggunakan bahan perekat alami juga dapat menjebak tokek. Salah satunya yang dapat digunakan adalah getah buah nangka. Gumpalan ini dapat dioleskan pada bambu atau kayu panjang. Setelah semuanya merata, gunakan tongkat untuk menangkap tokek. Anda dapat memasukkan tokek ke dalam kandang karena getah akan menempel pada kulitnya.

Metode Penghapusan Tokek di Rumah Menurut Islam

Banyak orang mencari referensi Islam untuk membunuh atau mengusir tokek di rumah. Ada beberapa perspektif tentang tafsir hadis yang berkaitan dengan pembunuhan tokek sebagai kerabat cicak, menurut situs Fiqih Indonesia.

Disebutkan dalam riwayat Muslim tentang Abu Hurairah:

Menurut Abu Hurairah radhiyallahuanhu, Rasulullah SAW bersabda, “Siapa yang membunuh wazaghah pada pukulan pertama akan mendapatkan pahala sekian dan sekian. Siapa yang membunuhnya pada pukulan kedua akan mendapatkan pahala sekian dan sekian di bawah kebaikan yang pertama. Siapa yang membunuhnya pada pukulan ketiga akan mendapatkan pahala sekian dan sekian di bawah kebaikan yang kedua.”

Dalam bahasa Arab, Wazagh atau Al Wazagh berarti keluarga cicak.

Selain itu, ada hadis lain dari Sa’ad bin Abi Waqqash yang menyatakan bahwa Nabi SAW memerintahkan untuk membunuh wazagh dan menjulukinya sebagai fuwaisiq, atau hewan kecil yang jahat.

Tetapi semuanya kembali ke diri kita masing-masing. Ada yang mengatakan bahwa hewan seperti tokek atau cicak dianggap haram. Ini mungkin karena tokek adalah hewan yang dianggap kufur oleh Nabi Ibrahim AS. Republika melaporkan bahwa penduduk Urfa akan membakar Nabi Ibrahim AS karena dakwahnya.

Surat Al Anbiyaa ayat 68-69 juga menceritakan kisah ini.

“Bakarlah dia dan bantulah tuhan-tuhan kamu, jika kamu benar-benar hendak bertindak,” kata mereka. “Hai api menjadi dingin, dan menjadi keselamatan bagi Ibrahim,” kata kami.

Atas perintah Allah SWT, banyak hewan yang disebut membantu mendinginkan api yang membakar Nabi Ibrahim AS.

Namun, satu-satunya hewan yang mampu menciptakan api yang lebih besar daripada tokek adalah Nabi Ibrahim AS.

Hal ini diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim dari Abdullah bin Musa bahwa Rasulullah SAW memerintahkan untuk membunuh tokek, dengan kata-kata, “Tokek itulah yang dahulu meniup api Ibrahim (agar tidak padam).”

“Bunuhlah tokek karena (binatang itu) yang telah meniup api yang digunakan untuk membakar Ibrahim.” (HR Ahmad dengan sanad dhaif) adalah riwayat lain dari Aisyah RA.

Cara Membuat Perangkap Tokek yang Mudah

Kamu juga bisa menangkap mereka langsung setelah mengusirnya dengan beberapa bahan alami sederhana yang disebutkan di atas. Jika Anda cukup berani, cukup menggunakan tangan kosong. Anda hanya perlu memasukkan mereka ke dalam kandang yang sudah disiapkan dan membuangnya jauh-jauh.

Jika tidak, cobalah menjual tokek ini kepada pengepul, yang sudah terbiasa menjual hewan ini. Akan lebih menguntungkan jika tokek besar ini dijual dalam kondisi hidup.

Bagaimana cara menggunakan perangkap untuk menangkap tokek? 

Bentuk bukaan dengan gergaji salah satu ujung bambu dengan panjang ± 2 meter. Hewan ini sering muncul di tempat mereka menempatkan bambu, simpan, dan cek kembali setelah sekitar seminggu. Lakukan pemeriksaan pada siang hari saat mereka tertidur. Jika Anda menemukannya, masukkan mereka langsung ke dalam karung.

Risiko Tokek pada Manusia

Dikatakan bahwa tokek adalah salah satu binatang melata yang cukup berbahaya. Dia mengatakan bahwa jika seseorang tergigit tokek, mereka harus menunggu petir untuk melepaskan gigitannya. Orang harus tinggal bersama hewan ini jika petir tidak muncul. Itu sangat mengejutkan! Sangat wajar bahwa orang tidak menginginkan tokek berada di rumah mereka, meskipun ini hanyalah mitos.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *