Setel Ulang

click to enable zoom
Loading Maps
We didn't find any results
open map
Buat Reservasi
Pencarian Lanjutan
Your search results
25 Oktober 2018

Inilah 7 Ciri Khas Arsitektur Rumah Minimalis

Di indonesia, menemukan arsitektur rumah bergaya minimalis tidaklah sulit. Pada umumnya, arsitektur rumah minimalis ini digunakan pada rumah-rumah yang berada di tengah kota. Konsep minimalis ini berfokus pada desain bangunan yang memenuhi kebutuhan dasar si penghuni rumah. Bentuknya yang geometris dan tidak memiliki dekorasi.

Masih belum ada bayangan mengenai tampilan dan bentuk dari arsitektur rumah minimalis? Simaklah penjelasan berikut ini mengenai ciri khas arsitektur rumah minimalis.

Apa itu arsitektur rumah minimalis?

Walaupun bisa dibilang sangat populer, masih banyak orang yang belum mengetahui apa itu arsitektur rumah minimalis. Arsitektur rumah minimalis merupakan salah satu tipe arsitektur yang setiap elemen pada desainnya didasari oleh frasa less is more. Konsep kesederhanaan ini diwujudkan melalui bentuk geometris dasar yang simpel, elemen-elemen tanpa dekorasi, penggunaan material yang sederhana dan repetisi struktur bangunan yang terlihat teratur tapi tetap tidak kehilangan kualitas esensial dari desain itu sendiri.

Pada desain interior, interior minimalis bisa dibilang sebagai salah satu tipe desain yang sangat mengutamakan fungsi. Oleh karena itu, desain interior minimalis biasa menggunakan elemen tanpa dekorasi. Misalnya seperti kaca besar tanpa dekorasi untuk mempermudah cahaya alami masuk ke dalam ruangan.

Arsitektur rumah minimalis biasanya berbentuk geometris tanpa dekorasi

Kesederhanaan yang ada pada arsitektur rumah minimalis juga bisa dilihat dari keseluruhan bentuk bangunan. Jika kita melihatnya dari luar, maka rumah minimalis akan tampak memiliki bentuk geometris seperti persegi panjang atau kubus. Selain itu, atapnya pun tidak berbentuk segitiga melainkan datar.

Fasad sebuah arsitektur rumah minimalis dibangun tanda adanya dekorasi, berbeda dengan fasad arsitektur rumah-rumah lainnya. Pada umumnya, fasad arsitektur rumah minimalis dibiarkan polos dan hanya dilapisi oleh cat berwarna putih. Bagian jendela juga tidak memiliki detail yang rumit. Hanya ada jendela berbentuk persegi dengan bingkai sederhana, tetapi tahan lama dan bisa melindungi kaca jendela.

Memiliki ruang terbuka dan fokus pada fungsi

Sebagian besar arsitektur rumah minimalis memiliki tata letak yang sangat sederhana. Denah lantai biasanya terbuka tanpa adanya dinding penyekat antar ruangan dan area penyimpanannya pun bisa dibilang sangat sederhana. Selain itu, furniture yang biasanya digunakan juga sangat sederhana dan apa adanya. Misalnya untuk ruang keluarga hanya ada sofa, meja kopi, dan sebuah rak pajangan. Bentuknya pun tidak rumit dengan banyak dekorasi, karena arsitektur rumah minimalis lebih mengutamakan fungsi.

Pada umumnya menggunakan material bangunan yang sederhana dengan hasil maksimal

Arsitektur rumah minimalis dikenal selalu menggunakan material bangunan yang sederhana dan mudah ditemukan. Biasanya, jenis batu bata digunakan untuk membangun dinding. Kayu atau keramik digunakan sebagai bahan dari desain lantai rumah. Beberapa orang juga menggunakan material bangunan lain seperti kaca, beton, dan baja. Material bangunan yang tidak rumit ini justru akan memberikan daya tarik tersendiri sekaligus bisa menonjolkan sifat dari material bangunan tersebut. hasil akhirnya pun bisa dibilang tidak serumit arsitektur pada rumah yang lainnya. Untuk dinding, hasil akhirnya didapatkan dengan proses aci. Bagian lantainya pun hanya dilapisi keramik tanpa perlu dilakukan proses finishing lagi.

Minim pembatas dan sekat ruangan

Ruang-ruang di dalam arsitektur rumah minimalis biasanya tidak memiliki dinding sebagai pembatas, misalnya antara ruang keluarga dan ruang makan. Akan tetapi, ruang-ruang yang bersifat pribadi tetap memiliki dinding pembatas, misalnya kamar tidur dan kamar mandi. Ruangan-ruangan tersebut biasanya hanya dibatasi oleh sebuah partisi seperti rak atau meja. Tanpa adanya dinding pembatas, bagian dalam rumah akan terlihat seperti lebih luas, nyaman dan terang.

Suasana interior rumah minimalis juga akan terlihat terang berkat pencahayaan alami dari sinar matahari. Pemilihan jendela minimalis juga harus diperhatikan. Dilihat dari segi ukuran, jendela rumah minimalis cenderung memiliki ukuran yang besar sehingga sinar matahari bisa lebih mudah masuk ke dalam rumah. Terlebih lagi jika ruangannya tidak dibatasi oleh sekat ruangan.

Rumah minimalis didominasi oleh warna putih, hitam, dan abu-abu

Pada umumnya, rumah dengan arsitektur minimalis didominasi oleh warna putih, hitam dan abu-abu. Warna-warna tersebut dapat membuat rumah minimalis terlihat sederhana, bersih, tapi tetap elegan. Meskipun ada juga yang menggunakan warna selain ketiga warna tersebut, biasanya hanya sebagai aksen atau pemanis interior agar tidak terlihat monoton.

Memaksimalkan pencahayaan dalam rumah

Arsitektur rumah minimalis biasanya tidak memiliki bentuk bangunan yang kompleks dan ukiran yang rumit, tetapi kesederhanaan ini justru semakin menambah daya tarik dari arsitektur rumah. Rahasia dibalik penampilan ini adalah perencanaan desain yang dilakukan dengan sangat hati-hati, sehingga banyak cahaya alami yang masuk ke dalam rumah sebagai output-nya.

Arsitektur rumah minimalis dilengkapi dengan taman yang minimalis

Selain rumahnya yang sederhana, arsitektur rumah minimalis juga biasanya dilengkapi dengan taman. Sebagian besar rumah minimalis menempati lahan yang sangat terbatas. Agar menjadi seimbang dengan luas rumah, taman pada rumah minimalis tidak biasanya berukuran kecil.

Bagian tanah akan ditutupi oleh rumput atau bebatuan kecil agar terlihat rapi. Tanaman yang pada umumnya digunakan adalah tanaman merambat atau tanaman hijau yang berukuran sedang. Sebagai dekorasi, biasanya ditambahkan pula air mancur pada taman tersebut.

Itulah beberapa ciri dari arsitektur rumah minimalis yang perlu Anda ketahui. Selain bentuknya yang sederhana, rumah minimalis ini juga hemat biaya saat pembangunan maupun perawatannya.

 

 

 

Kategori Properti Anda: Apartemen, Life Style, Rumah

Leave a Reply

Your email address will not be published.