Setel Ulang

click to enable zoom
Loading Maps
We didn't find any results
open map
Buat Reservasi
Pencarian Lanjutan
Your search results
25 Oktober 2018

Tips Membeli Rumah Bagi Keluarga Muda

Membeli rumah pasti terdapat dalam daftar yang menjadi prioritas bagi para pasangan muda yang baru menikah. Akan tetapi tentu saja Anda juga tahu bahwa urusan membeli rumah bukanlah perkara yang mudah. Anda harus sering berkonsultasi dengan pasangan Anda, juga mengumpulkan banyak informasi dan mencari beragam tips dalam membeli rumah. Jangan sampai Anda merasa tidak nyaman tinggal di rumah yang Anda tempati hanya karena kurangnya perencanaan, hitungan dan informasi bangunan dari rumah tersebut. Simaklah beberapa tips membeli rumah yang harus Anda perhatikan berikut ini!

Hitung dengan teliti

Urusan membeli rumah merupakan urusan jangka panjang. Sebaiknya Anda menghitung secara cermat beberapa ongkos dan biaya yang akan Anda keluarkan secara total untuk rumah baru tersebut. Jangan sampai Anda tergiur iklan dengan cicilan murah per bulan, ternyata masih ada biaya tambahan lain yang belum terhitung dan begitu dijumlah angkanya menjadi sangat luar biasa. Oleh karena itu, hitunglah dengan membayangkan Anda dan keluarga akan menempati rumah itu dalam waktu yang lama, kemudian sesuaikan dengan budget rumah tangga Anda.

Riset dan Bandingkan Sumber Pinjaman

Jika Anda memilih membeli rumah dengan sistem KPR, maka jangan lelah untuk melakukan riset dan membandingkan tawaran KPR yang disediakan oleh beberapa bank.

Pastikan Rekam Jejak Kredit yang Baik

Anda harus memperhatikan tips membeli rumah yang satu ini agar lebih mudah memperoleh pinjaman atau kredit. Mengapa demikian? Karena proses KPR dan pencairan pinjaman dana bisa jadi terbelit jika Anda memiliki riwayat pelunasan utang yang buruk.

Baca Kontrak Secara Cermat

Dalam perjanjian membeli rumah, Anda harus membaca berbagai macam kontrak atau surat menyurat dan dokumen dengan sangat cermat. Jika Anda hal yang tidak Anda mengerti, maka sebaiknya Anda menanyakannya hingga Anda mengerti. Sementara itu jika Anda ingin mengubahnya, maka gunakanlah hak Anda untuk bernegosiasi.

Survey dan Pelajari Lingkungan Rumah

Satu hal yang perlu Anda ingat bahwa rumah yang akan Anda tempati adalah untuk membesarkan anak dan keluarga Anda. pastikan Anda sudah melakukan survei terhadap lokasi rumah tersebut dan mengetahui secara pasti calon lingkungan maupun tetangga Anda nantinya.

Jangan Lupa Perangkat Rumah

Sisihkan sebagian uang Anda untuk membeli perangkat dan isi rumah. Tips membeli rumah yang satu ini memanglah terlihat sangat simpel, akan tetapi sama pentingnya dengan rumah itu sendiri. Setidaknya Anda bisa membeli perangkat rumah tangga pokok seperti tempat tidur, alat-alat di kamar mandi dan dapur.

Jangan Menunggu Pasar

Pergerakan pasar properti merupakan hal yang tidak pasti. Oleh karena itu, jangan menunggu pasar turun atau suku bunga turun. Jika nilai rumahnya memang cocok, maka jangan ragu untuk membelinya.

Besar Bukan Berarti Lebih Baik

Pada dasarnya, memilih rumah berarti menyesuaikan. Jadi jangan sampai Anda terpaku pada ukuran yang besar. Lihatlah lingkungan di sekitar rumah tersebut, jika rumah besar itu adalah satu-satunya di lingkungan itu, maka kemungkinan untuk laku dijual kembali dengan harga yang tinggi sangatlah kecil.

Hindari Emosi Saat Memilih

Tips terakhir dalam membeli rumah adalah jangan sampai Anda terpikat oleh hal-hal emosional seperti halaman belakang yang bagus, cat yang menarik, dan hal lainnya yang bersifat personal. Karena bagaimanapun rumah merupakan salah satu investasi jangka panjang. Nilai dari rumah tersebut ditentukan dari lokasi, struktur dan hal yang bisa membuat nilai rumah semakin naik.

Itulah beberapa tips dalam membeli rumah bagi keluarga muda. Pastikan Anda mempertimbangkan hal-hal tersebut sebelum memutuskan untuk membeli unit rumah yang Anda inginkan. Semoga bermanfaat.

Kategori Properti Anda: Rumah

Leave a Reply

Your email address will not be published.