Setel Ulang

click to enable zoom
Loading Maps
We didn't find any results
open map
Buat Reservasi
Pencarian Lanjutan
Your search results
22 November 2018

Apakah Investasi Apartemen Menguntungkan Selamanya? Bagaimana Cara Memprediksinya?

Booming-nya property apartemen sering kali membuat orang menjadi kalap. Anda bisa membuktikannya dengan melihat ketika ada acara launching apartemen, berita yang tersebar adalah seluruh unitnya telah terjual. Bahkan ada pula pengelola apartemen yang menjualnya dengan sistem undian karena banyaknya peminat apartemen yang jumlah unitnya terbatas.

Motivasi orang-orang untuk membeli apartemen menjadi lebih tinggi lagi setelah mengetahui bahwa harga apartemen yang mereka inginkan sedang turun.  Selain untuk menghuninya, sebagian besar orang juga membeli apartemen untuk menjadikannya sebagai sebuah investasi jangka panjang. Akan tetapi, apakah investasi apartemen akan menguntungkan selamanya? Berikut ini cara memprediksi keuntungan yang akan didapat dari investasi apartemen.

Asumsi harga properti cenderung naik

Mengapa kebanyakan orang membeli apartemen sebagai investasi? Karena tingkat margin keuntungannya cukup menjanjikan. Terlebih lagi ditambah dengan asumsi bahwa harga properti akan selalu naik dari waktu ke waktu. Asumsi tersebut biasanya didasari karena beberapa hal seperti berikut ini.

  • Adanya gap antara permintaan apartemen dengan ketersediaan unit yang tersisa.
  • Kenaikan harga dipicu oleh Nilai Jual Objek Pajak yang ditetapkan oleh pemerintah.
  • Pengembang apartemen yang menerapkan kebijakan ‘goreng harga’.

Dari ketiga asumsi tersebut, yang harus Anda perhatikan adalah poin ketiga. Kebijakan goreng harga merupakan sebuah trik dari marketing developer agar calon pembeli sesegera mungkin memutuskan untuk membeli sebelum harga unit naik dalam waktu tertentu.

Di samping gimmick untuk marketing, kebijakan tersebut juga dimaksudkan untuk memberi rasa aman bagi para konsumen yang telah membeli unit tersebut. Mereka akan merasa diuntungkan karena telah membeli unit tersebut, karena mereka merasa bahwa harga unit apartemen tersebut akan melonjak secara signifikan hanya dalam hitungan bulan.

Yang menjadi masalah adalah kebijakan tersebut sangat subjektif, karena kenaikan harga tidak berdasarkan mekanisme pasar yang telah ditentukan. Pihak developer sama sekali mengabaikan apakah permintaan unit itu tinggi atau malah sebaliknya. Jadi, seolah-olah kebijakan ini hanya sebuah permainan yang dimainkan oleh developer.

Akan tetapi, Anda juga tidak bisa menuduh kebijakan tersebut sebagai sesuatu yang licik. Terkadang, developer melakukan hal itu sebagai salah satu cara untuk menaikkan nilai unit tersebut. Jika langkah tersebut tidak dilakukan, maka dikhawatirkan pembeli akan memandang nilai apartemen tersebut stagnan dan tidak layak untuk dimiliki.

Waspadai harga semu

Kebijakan goreng harga yang dilakukan oleh developer ini akhirnya menciptakan sebuah harga semu. Maksudnya, harga tersebut bukan terbentuk dari mekanisme pasar melainkan dari subjektivitas developer itu sendiri. Ketika sisi subjektif sudah bermain, maka developer akan merasa sah-sah saja memasang harga yang tinggi atas apartemen yang dijualnya. Oleh karena itu, Anda harus pandai mengkalkulasikan harga sebelum membeli unit apartemen tersebut. Jika harga sudah terlalu tinggi atau bahkan semu, pilihan yang perlu Anda cermati adalah apakan unit tersebut layak dijadikan sebagai instrumen untuk berinvestasi. Berikut ini beberapa poin yang harus Anda kalkulasikan:

  • Perhatikan kapasitas keuangan Anda jika membeli secara KPR.
  • Jika unit apartemen tersebut disewakan, apakah Anda akan mendapatkan penyewa dengan mudah atau mudahkah unit itu untuk diperjualbelikan lagi.
  • Survei apakah harga sewa unit sudah sesuai dengan harga yang ada beli sebelumnya.
  • Jadikan harga apartemen yang lokasinya berdekatan sebagai perbandingan harga.

Investasi apartemen apakah menguntungkan selamanya?

Secara garis besar, berinvestasi pada bidang properti itu menguntungkan. Terlebih lagi jika Anda cerdas dalam membaca prospek masa depan suatu kawasan yang sudah tergambar dalam Rencana Umum Tata Ruang pemerintah yang bisa diakses di kantor kecamatan atau Pemda setempat. Meskipun begitu, risiko penurunan harga tentu saja tetap ada. Oleh karena itu, Anda membutuhkan insting yang kuat untuk berinvestasi di bidang yang satu ini. Insting tersebut diperlukan untuk membaca situasi dengan tepat. Hal lainnya yang turut menentukan adalah faktor keberuntungan yang berperan dalam tingkat keberhasilan menemukan apartemen yang memiliki masa depan yang bagus.

Itulah penjelasan mengenai keuntungan berinvestasi apartemen dan cara memprediksinya. Semoga bermanfaat.

 

Kategori Properti Anda: Apartemen

Leave a Reply

Your email address will not be published.