Setel Ulang

click to enable zoom
Loading Maps
We didn't find any results
open map
Buat Reservasi
Pencarian Lanjutan
Your search results
23 November 2018

Apakah Investasi Apartemen dapat Memberikan Banyak Keuntungan? Simak Penjelasannya!

Bisnis properti di Indonesia kembali menunjukkan taringnya. Dari sekian banyak properti yang bisa dijadikan investasi, apartemen sebaiknya menjadi salah satu pilihan utama Anda. Mengapa demikian? Investasi properti yang mumpuni dapat mendatangkan keuntungan. Terlebih lagi saat ini sudah banyak masyarakat indonesia yang memilih untuk tinggal di apartemen.

Menjadikan apartemen sebagai tempat tinggal tidak hanya dilakukan oleh para pekerja kantoran saja. Saat ini, sudah banyak pula keluarga yang mulai menjadikan apartemen sebagai tempat tinggal. Tujuannya adalah selain dirasa lebih praktis, tinggal di apartemen juga tersedia beragam fasilitas yang bisa dinikmati, ada kolam renang, taman bermain untuk anak, tempat makan, hingga jasa laundry.

Jika Anda melihat ke sekeliling, keberadaan apartemen tidak hanya berpusat di jantung kota saja. kini, apartemen bahkan sudah menjamur ke berbagai pinggiran kota. Hal ini dikarenakan sudah banyak masyarakat yang mulai beralih dan memadati daerah pinggiran Jakarta sebagai pilihan tempat tinggal.

Nah, tren perubahan tempat tinggal ini bisa Anda manfaatkan dengan baik. Caranya adalah dengan mulai berinvestasi apartemen. Anda bisa membeli unit apartemen, kemudian menyewakannya atau bahkan menjualnya kembali. Namun sebelum memulai investasi tersebut, Anda harus memperhatikan beberapa hal di bawah ini agar investasi Anda menguntungkan.

Cermat Menakar Untung-Rugi

Ada dua metode investasi apartemen yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan keuntungan, yaitu dengan sistem sewa dan jual beli. Pilihan yang pertama adalah menyewakan apartemen. Hal ini biasanya dilakukan oleh para investor yang mengharapkan keuntungan berkala dari masuknya uang sewa per tahun.

Keuntungan secara optimal dari metode yang satu ini dapat Anda peroleh dengan penentuan tarif sewa yang tepat. Anda bisa memulainya dengan menggali informasi sebanyak mungkin di sekitar lokasi apartemen. Misalnya, karakteristik penyewa di area tersebut, kemampuan finansial calon penyewa dan tarif sewa standar di lokasi apartemen Anda berada. Selain itu, jangan lupa untuk menghitung biaya-biaya yang akan dan sudah Anda keluarkan untuk menyewakan apartemen tersebut.

Sementara itu, bagi Anda yang lebih memilih menjual unit apartemennya ada banyak faktor yang harus Anda pertimbangkan untuk mendapatkan keuntungan yang optimal. Anda harus menghitung biaya yang sudah Anda keluarkan semenjak proses pembelian unit apartemen dengan cermat. Biaya-biaya tersebut meliputi pajak terkait jual beli apartemen, akta jual beli, biaya balik nama, biaya perawatan dan biaya lainnya.

Setelah Anda mengakumulasikan biaya-biaya tersebut dengan harga beli, Anda baru bisa menentukan harga jualnya. Jangan sampai Anda mengalami kerugian karena tidak jeli saat menghitung harga.

Membeli Unit Apartemen di Sunrise Area

Apartemen yang berada di area dengan permintaan tinggi dapat Anda jadikan sebagai salah satu peluang investasi. Oleh karena itu, Anda yang mau memulai investasi apartemen, pilihlah apartemen yang berlokasi di sunrise area. Sunrise area merupakan sebutan bagi kawasan dengan prospek yang cerah dalam lima tahun ke depan. Potensi yang cerah itu ditandai oleh tingkat pertumbuhan harga tanah yang melebihi rata-rata kenaikan harga pada umumnya, atau keberadaan fasilitas lengkap dan akses yang mudah.

Performa Pengembang Apartemen

Di balik keuntungan yang menjanjikan dari investasi apartemen, Anda tetap harus berhati-hati dalam menentukan unit apartemen yang akan Anda beli. Sebaiknya Anda memperhatikan performa pengembang apartemen tersebut terlebih dahulu. Hal ini dikarenakan investasi yang akan Anda keluarkan tidak bernilai kecil.

Setelah melakukan riset mengenai performa pengembang apartemen tersebut, Anda juga harus mencari tahu mengenai reputasi mereka. Cara yang paling mudah adalah dengan melihat jaringan yang telah mereka bangun. Pengelola yang memiliki reputasi baik biasanya akan mempunyai jaminan kesuksesan memasarkan apartemen dan menaikkan nilai investasi di masa depan.

Cerdas membidik calon penyewa

Pertimbangan terakhir yang harus Anda lakukan adalah jeli dalam membidik calon penyewa. Cara ini sekaligus akan memudahkan Anda dalam menentukan dengan tepat lokasi apartemen pilihan Anda. Kawasan industri dengan banyak pekerja ekspatriat merupakan salah satu contoh lokasi apartemen yang berpotensi menjadi lokasi investasi.

Agar Anda meraih keuntungan yang optimal, maka Anda harus mampu mengukur kemampuan segmen pasar yang Anda bidik untuk tinggal di lingkungan tertentu. Informasi ini menjadi dasar penentuan harga jual atau sewa yang nantinya akan Anda berlakukan. Anda juga bisa melihat sekeliling, jika di sekitar apartemen Anda terdapat pasokan rumah tapak dengan harga yang mahal atau kuantitasnya minim, maka Anda bisa berinvestasi apartemen di daerah tersebut.

Itulah penjelasan mengenai investasi apartemen yang menguntungkan. Semoga bermanfaat bagi Anda yang ingin segera mulai berinvestasi.

 

Kategori Properti Anda: Apartemen

Leave a Reply

Your email address will not be published.