Setel Ulang

click to enable zoom
Loading Maps
We didn't find any results
open map
Buat Reservasi
Pencarian Lanjutan
Your search results
27 November 2018

Tips Mudah Jika Anda Ingin Melakukan Pembelian Rumah KPR

Setiap orang yang sudah berumah tangga tentu saja ingin memiliki rumah pribadi alias tidak numpang orang tua atau tinggal di kontrakan. Sekalipun tinggal di rumah yang kecil, tapi rumah sendiri memang lebih nyaman dan memuaskan. Nah, Anda yang sudah memiliki pekerjaan tetap sebenarnya bisa membeli rumah dengan menggunakan sistem KPR dimana Anda harus membayar uang muka kemudian melakukan cicilan setiap bulannya.

Namun, bukan berarti pembelian rumah KPR itu mudah dan tanpa risiko. Oleh karena itu, Anda harus berhati-hati ketika membeli rumah dengan sistem KPR dan temukan cara mudahnya. Pada kesempatan ini, kami akan mengulas tips mudah melakukan pembelian rumah dengan cara KPR yang bisa Anda jadikan pilihan.

Periksa Terlebih Dahulu Reputasi Pengembang

Hal pertama dan utama yang harus Anda jadikan bahan pertimbangan saat melakukan pembelian rumah KPR adalah dengan memeriksa terlebih dahulu reputasi dari pengembangnya. Karena masalah pengembang dan berbagai hal yang berkaitan dengannya harus dilakukan secara hati-hati, cermat dan juga waspada. Tujuannya untuk menghindari terjadinya penipuan dan lain sebagainya.

Cara ini bisa Anda lakukan dengan melihat Bank apa yang bekerja sama dengan pengembang itu. Kemudian, datangi bank yang bersangkutan untuk memastikan apakah penembang mendapatkan dukungan serta instruksi dari bank tersebut. Karena pihak bank akan bekerja sama dengan pengembang yang sudah layak dan kinerjanya baik.

Selain itu, Anda juga bisa melihat rumah mana saja yang pernah dikerjakan oleh pihak pengembang. Dan tidak kalah penting adalah dengan memeriksa legalitas dari pengembang tersebut. Mulai dari status badan hukum, hak atas tanah dan izin lokasi.

Periksa legalitas Tanah

Selanjutnya, saat akan membeli rumah KPR, Anda juga harus memeriksa legalitas tanahnya. Jangan sampai tanah tersebut dalam kondisi sengketa atau bermasalah sehingga bisa menyusahkan Anda di kemudian hari. Nah, dalam hal ini Anda bisa langsung mengecek legalitas tanah tersebut ke dinas Pertanahan setempat.

Jangan Bayar DP Sebelum KPR Anda Disetujui

Selain itu, Anda jangan sampai membayar yang muka sebelum pengajuan KPR benar-benar disetujui oleh pihak bank. Karena untuk DP sendiri akan dibayarkan secara langsung kepada pengembang. Sementara cicilannya melalui Bank. Nah, dikhawatirkan ketika Anda terlanjur membayar uang muka, namun pihak Bank tidak bisa memberi izin pengajuan KPR Anda, ini bisa menyulitkan Anda sendiri. Oleh karena itu, bayar DP ketika sudah benar-benar disetujui proses KPR-nya.

Pantau Proses Pembangunan Rumahnya

Selain beberapa yang telah disebutkan di atas, Anda juga harus memantau dengan baik proses pembangunan rumah tersebut. Biasanya proses ini akan memakan waktu antara enam sampai dengan dua belas bulan. Untuk kebaikan bangunan rumah Anda dan memastikan rumah Anda sesuai dengan kesepakatan, maka sebaiknya datangi lokasi pembangunan secara rutin. Dan pastikan bahwa bangunannya sesuai dengan data yang ada di dalam perjanjian. Bahan-bahan untuk membuat rumah pun sesuai dengan spesifikasinya.

Selain itu, masih ada banyak hal yang harus diperhatikan ketika membeli rumah KPR. Misalnya saja pemilihan lokasi, pertimbangan harga dan lain sebagainya. Intinya jangan sampai Anda terburu-buru saat memilih rumah KPR supaya benar-benar mendapatkan hunian yang tepat.

Itulah ulasan mengenai tips mudah jika Anda hendak melakukan pembelian rumah dengan cara KPR. Dengan mengikuti beberapa tips di atas, dijamin Anda akan bisa memiliki rumah sendiri tanpa harus menunggu selama bertahun-tahun.

Kategori Properti Anda: Life Style, Rumah

Leave a Reply

Your email address will not be published.