Setel Ulang

click to enable zoom
Loading Maps
We didn't find any results
open map
Buat Reservasi
Pencarian Lanjutan
Your search results
28 November 2018

Cara Merawat Kamar Kos Berkamar Mandi Dalam yang Jarang Diketahui

Saat ini, ada banyak sekali kos-kosan yang menawarkan sebuah kamar dengan kamar mandi di dalamnya sebagai salah satu fasilitas. Tidak dapat dipungkiri bahwa salah satu fasilitas yang ditawarkan ini menjadi daya tarik tersendiri. Kamar mandi yang ada di dalam dinilai memiliki banyak poin plus. Salah satunya adalah Anda tidak harus keluar dari kamar ketika tengah malam ingin buang air kecil. Selain itu, Anda juga tidak harus mengantre dengan penghuni kos lain ketika harus beraktivitas di pagi hari seperti bekerja.

Walaupun demikian, sebenarnya kamar mandi yang ada di dalam juga memiliki sisi minus. Kamar mandi di dalam kamar kos ini juga ikut memberikan tren kos-kosan zaman sekarang yang memberikan kesan individualis. Sebab, tidak akan ada lagi cerita antre di kamar mandi dan mengobrol di waktu mandi pagi ataupun sore dengan teman satu kos.

Akan tetapi, kali ini kita tidak akan membahas mengenai sisi positif ataupun negatif dari kamar mandi yang ada di dalam kamar kos. Kita akan membahas tentang bagaimana cara merawat kamar kos tersebut, sebab kamar kos yang di dalamnya terdapat kamar mandi membutuhkan perawatan yang ekstra. Simaklah penjelasan mengenai cara merawat kamar kos berkamar mandi berikut ini.

Ventilasi menjadi poin penting untuk kamar kos berkamar mandi dalam

Kamar tidur yang di dalamnya terdapat kamar mandi sangat rentan terhadap tembok yang berjamur dan bau pengap karena lembap. Hal ini bisa saja terjadi karena tidak adanya sirkulasi udara yang baik. Oleh sebab itu, usahakan agar ventilasi di kamar kos Anda selalu terbuka, terutama setelah Anda menggunakan kamar mandi. Hal ini juga penting untuk dilakukan agar bau yang menyeruak tidak tertahan di dalam ruangan kamar, tetapi dapat segera menyebar keluar.

Jangan pernah meninggalkan sampah di kamar mandi

Dengan adanya kamar mandi di dalam kamar kos, maka Anda sangat perlu untuk menjaga kebersihannya secara ekstra. Tinggalkanlah kebiasaan Anda yang suka meninggalkan sisa sampo, bungkus sabun, atau sikat gigi yang tidak terpakai di dalam kamar mandi. Anda harus segera membuang hal-hal tersebut. Usahakanlah untuk menyimpan sebuah tempat sampah di dekat kamar mandi, sebab sampah di tempat yang lembap merupakan area terbaik bagi kuman untuk berkembang biak.

Selain itu, pastikan pulalah untuk selalu menjaga kebersihan kamar mandi. Setidaknya gosoklah kamar mandi Anda seminggu sekali dengan menggunakan deterjen kamar mandi. Anda juga bisa memberikan pewangi ruangan agar kamar Anda tetap terjaga dari aroma kamar mandi yang kadang suka mengganggu.

Perhatikan tata letak benda-benda di dekat kamar mandi

Terkadang kita lupa untuk menutup kran kamar mandi, sehingga air pun berceceran masuk ke dalam kamar, atau bisa juga karena desain pintu kamar mandi yang tidak terlalu membuat air muncrat ke depan pintu ketika sedang digunakan untuk mandi. Hal inilah yang mengharuskan Anda untuk lebih memperhatikan tata letak benda di dekat kamar mandi, seperti tidak menempatkan kasur di dekat kamar mandi, pun juga dengan lemari pakaian agar terhindar dari jamur yang bisa saja muncul pada tembok.

Jangan biarkan pakaian atau handuk menggantung terlalu lama di kamar mandi

Mulai saat ini Anda harus segera menghentikan kebiasaan menggantungkan handuk atau baju di kamar mandi dalam waktu yang lama. Selain bisa menjadi sarang nyamuk, baju dan handuk Anda pun akan menjadi lembap. Tentu saja ini tidaklah baik jika Anda gunakan, sebab akan berdampak pada kesehatan Anda sendiri. Oleh karena itu, mulai sekarang letakkanlah baju kotor Anda pada laundry box dan jemur handuk Anda pada tempatnya.

Pastikan pintu kamar mandi tertutup rapat saat akan pergi meninggalkan kamar kos

Ketika Anda akan pergi meninggalkan kamar kos, pastikan agar pintu kamar mandi telah Anda tutup serapat mungkin agar kamar tidur Anda terbebas dari aroma tidak sedap kamar mandi. Selain itu, hal ini juga dilakukan untuk menjaga kelembapan kamar Anda. Akan tetapi, satu hal yang harus Anda perhatikan adalah jangan langsung menutup pintu kamar mandi sesaat setelah digunakan, biarkanlah pintu kamar mandi terbuka sejenak agar kelembapan di kamar mandi dapat diminimalisir.

Itulah beberapa cara yang harus Anda lakukan untuk merawat kamar kos berkamar mandi agar tetap bersih dan nyaman digunakan. Semoga bermanfaat.

Kategori Properti Anda: Life Style

Leave a Reply

Your email address will not be published.