Setel Ulang

click to enable zoom
Loading Maps
We didn't find any results
open map
Buat Reservasi
Pencarian Lanjutan
Your search results
30 November 2018

Inilah Tips Membangun Rumah Sendiri dengan Biaya yang Murah

Saat ini para developer rumah saling berlomba untuk mengembangkan rumah siap huni. Meskipun demikian, tak sedikit pula orang yang memiliki keinginan untuk membangun rumahnya sendiri. Alasan yang mereka utarakan cukup beragam, namun sebagian besar dari mereka beralasan karena mereka bisa mendesain rumah mereka sendiri sesuai dengan kebutuhan dan keinginan.

Akan tetapi, membangun rumah sendiri bukanlah perkara yang mudah dan murah. Terlebih lagi saat ini harga kebutuhan pokok yang harus selalu dipenuhi cenderung selalu naik. Bahkan tak jarang ada yang merasa terjebak, dimana awalnya pembangunan rumah sendiri dapat lebih menghemat pengeluaran, tetapi dana yang harus dikeluarkan justru lebih besar. Selain biaya, Anda juga membutuhkan waktu yang cukup lama untuk membangun rumah sendiri. Jadi, Anda harus bersabar lebih lama untuk menempati rumah idaman Anda.

Keinginan untuk membangun rumah biasanya dihadapkan dengan masalah pada dana. Pembangunan rumah memang diakui sebagai suatu hal yang membutuhkan dana yang cukup besar. Akan tetapi, bukan berarti rumah yang bagus harus selalu mahal. Simaklah tips di bawah ini mengenai cara membangun rumah yang berkualitas dengan biaya yang murah.

Buat Perencanaan Pembangunan Rumah

Langkah awal yang harus Anda lakukan untuk membangun rumah sendiri adalah merencanakan dana pembangunan yang akan Anda gunakan. Rencana ini akan berfungsi sebagai pengendali ketika terjadinya penyimpangan selama proses pembangunan berlangsung.

Gunakan Desain Tipe Minimalis

Rumah bertipe minimalis saat ini memang sedang menjadi tren dan banyak diminati oleh masyarakat. Desain rumah minimalis ini dinilai lebih efisien dalam penggunaan bahan bangunannya, namun masih bisa memunculkan kesan modern dan mewah. Sebagaimana namanya, rumah bertipe ini juga termasuk rumah yang hemat ruang, sehingga tidak akan banyak menghabiskan bahan bangunan.

Tentukan Bentuk Bangunan

Bentuk bangunan akan mempengaruhi tingkat kesulitan dan kebutuhan bahan untuk membangunnya. Rumah yang berbentuk persegi atau persegi panjang cenderung lebih mudah untuk dibangun dan dapat lebih menghemat biaya jika dibandingkan dengan rumah berbentuk segitiga atau yang bersudut lainnya.

Lakukan Riset Harga Bahan Bangunan

Harga bahan bangunan yang semakin menanjak menjadi salah satu faktor yang harus Anda pertimbangkan dengan matang. Beberapa orang menunda pembangunan rumah mereka karena harga bahan bangunan yang semakin tidak ramah di kantong. Untuk mengantisipasi hal tersebut, Anda bisa melakukan riset tentang harga bahan bangunan yang Anda butuhkan. Anda bisa bertanya ke setiap toko bangunan yang ada di sekitar rumah yang akan Anda bangun, lalu membandingkan harganya. Pilihlah toko yang menjual bahan bangunan lebih murah untuk menghemat pengeluaran Anda.

Selektif Memilih Juru Bangunan

Membangun rumah sendiri tidak berarti Anda juga yang harus mendirikan rumah tersebut. Anda bisa menggunakan jasa juru bangunan atau tukang sebagai pelaksana pembangunan. Biarkan mereka yang meracik bahan bangunan yang telah tersedia menjadi rumah impian Anda. Pentingnya peran juru bangunan membuat biaya yang harus dikeluarkan untuk membayarnya pun lumayan besar. Oleh karena itu, Anda harus selektif dalam memilih juru bangunan yang akan membangun rumah Anda. Hal ini sangat penting dilakukan karena pekerjaan tukang yang tidak baik akan sangat mempengaruhi efisiensi proses pembangunan rumah Anda.

Mulai Membangun Secara Bertahap

Untuk membangun rumah sendiri, Anda tidak harus menunggu hingga dana mencukupi keseluruhan bagian dari pembangunan yang akan Anda lakukan. Anda bisa melakukan pembangunan rumah tersebut secara bertahap. Anda bisa memulainya dari pembuatan fondasi, pendirian bangunan, hingga pemasangan atap yang dilakukan dan disesuaikan dengan budget yang Anda miliki. Hal ini memang akan memakan waktu yang lebih lama, namun hal tersebut akan memberikan kesempatan bagi Anda untuk lebih fokus terhadap setiap tahap yang lakukan. Selain itu, dana yang dikeluarkan pun dapat lebih teratur dan mudah dipantau.

Gunakan Bahan Bangunan Lokal

Bahan bangunan yang berkualitas tidak harus mahal atau berasal dari luar negeri. Untuk menekan biaya pembangunan rumah yang akan Anda lakukan, Anda bisa menggunakan bahan bangunan lokal yang ada. Selain mudah ditemukan, bahan-bahan tersebut juga jauh lebih terjangkau harganya.

Membuat Ruangan Multifungsi

Rumah dengan banyak ruangan di dalamnya cenderung akan menghabiskan biaya yang lebih mahal. Hal ini terjadi karena hal tersebut membutuhkan bahan bangunan yang lebih banyak. Untuk mengantisipasi hal tersebut, Anda bisa membuat ruangan yang multifungsi. Anda bisa membuat ruang tamu yang juga bisa difungsikan sebagai ruang keluarga atau dapur yang disatukan dengan ruang makan. Hal ini tentu akan membuat Anda tidak perlu mengeluarkan dana yang lebih besar lagi.

Demikianlah pembahasan mengenai tips membangun rumah sendiri dengan biaya yang murah. Semoga bermanfaat.

Kategori Properti Anda: Life Style, Rumah

Leave a Reply

Your email address will not be published.