Setel Ulang

click to enable zoom
Loading Maps
We didn't find any results
open map
Buat Reservasi
Pencarian Lanjutan
Your search results
3 Desember 2018

Inilah Waktu yang Tepat Untuk Membeli Properti agar Mendapatkan Harga yang Pas

Membeli properti bukanlah sebuah perkara mudah. Baik secara tunai ataupun KPR, semuanya membutuhkan kesiapan finansial dan komitmen yang kuat. Mengingat pembelian rumah merupakan keputusan yang besar, maka tentu saja Anda harus memastikan bahwa transaksi tersebut tidak akan menimbulkan penyesalan di kemudian hari. Oleh sebab itu, tidak mengherankan apabila banyak calon pembeli yang sering kali merasa ragu mengenai keputusan yang mereka buat.

Adakah waktu yang tepat untuk membeli sebuah properti? Waktu yang paling tepat untuk membeli properti adalah ketika harga properti sedang turun atau berada di level yang paling rendah. Namun, untuk menentukan waktu rumah berada di harga terendah itu sangatlah sulit dilakukan, terlebih lagi bagi orang awam.

Sebenarnya, secara umum harga properti cenderung naik setiap harinya. Jika pun terjadi penurunan, maka biasanya penurunan tersebut tidaklah terlalu signifikan. Jadi, jika memang Anda sudah mampu untuk membeli properti, sebaiknya belilah segera. Sebab, bisa dipastikan harga rumah idaman Anda akan naik secara tajam dalam beberapa tahun ke depan.

Walaupun demikian, Anda bisa mencermati beberapa indikator yang mungkin saja bisa membantu Anda dalam menghemat budget dalam membeli rumah. Beberapa poin berikut ini mungkin bisa menjadi bahan pertimbangan Anda.

Ketika Finansial Pribadi Stabil

Waktu yang tepat untuk membeli sebuah rumah tentu saja ketika kondisi finansial Anda sudah stabil. Ini berarti, jika Anda sudah menyisihkan uang yang dibutuhkan untuk membeli rumah tersebut. Jika Anda telah mengumpulkan tabungan yang cukup untuk membeli rumah secara hardcash, maka Anda sudah sangat siap untuk melakukan pembelian.

Jika budget yang telah Anda siapkan hanya bisa digunakan untuk membayar uang muka, maka pastikan penghasilan rutin Anda cukup untuk membayar sisa angsuran tanpa harus mengganggu pengeluaran sehari-hari.

Saat Suku Bunga KPR Turun

Bagi sebagian besar orang yang membeli rumah dengan memanfaatkan kredit, tentu saja hal ini sangatlah penting dalam proses pembelian properti. Ketika suku bunga KPR rendah, atau Anda mengetahui bank yang menurunkan suku bunganya, maka saat inilah waktu yang tepat untuk membeli rumah. Anda bisa mendapatkan kredit dengan bunga yang tidak terlalu tinggi, sehingga dapat menghemat biaya pengeluaran Anda setiap bulan.

Untuk mengetahui besaran suku bunga KPR, tentu saja Anda harus rajin mencari informasi keuangan dan bisnis melalui media massa ataupun internet. Selain itu, Anda juga harus mencari tahu besaran fluktuasi suku bunga selama beberapa tahun terakhir, sehingga Anda bisa mengetahui level terendah suku bunga yang pernah diberikan bank. Jika Anda merasa bahwa suku bunga tahun ini cukup rendah, maka Anda bisa langsung mengajukan permohonan KPR ke bank.

Ketika Pasar Properti Mulai Lesu

Jika Anda melihat permintaan properti mulai berkurang dan banyak rumah yang dibangun namun sepi pembeli, maka situasi ini sangat mendukung Anda untuk membeli rumah. Anda memiliki banyak kesempatan untuk memilih properti idaman dan menawar dengan harga yang mendekati budget Anda. Sebab, para pengembang justru menawarkan harga rumah dengan promosi yang menarik untuk memancing para calon pembeli. Mereka akan melakukan berbagai cara agar masyarakat tertarik, seperti menawarkan potongan harga, pembebasan biaya provisi ataupun gimmick yang menarik.

Tunggu Musim yang Tepat

Pada musim kemarau, biasanya para pengembang menyediakan pilihan rumah yang lebih banyak dengan beragam promosi untuk menarik minat para calon pembeli. Akan tetapi, jangan sampai Anda terburu-buru. Anda harus mengingat bahwa semakin banyak rumah yang disediakan, maka jumlah pembeli pun akan bertambah banyak pula. Inilah yang akan menyebabkan tawar menawar menjadi lebih sulit untuk dilakukan.

Sebagian besar dari Anda mungkin tidak ingin membeli rumah ketika musim penghujan, karena bingung memikirkan cara pindahan. Akan tetapi, sebenarnya membeli rumah pada saat musim hujan bisa menjadi waktu yang cocok. Sebab, persaingan akan semakin berkurang. Meskipun demikian, faktor yang satu ini tidaklah selalu mutlak. Jadi, Anda tetap harus pintar dalam melihat kondisi pasar.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda ketahui mengenai kapan waktu yang tepat untuk membeli rumah. Semoga bermanfaat.

Kategori Properti Anda: Life Style, Rumah

Leave a Reply

Your email address will not be published.