Setel Ulang

click to enable zoom
Loading Maps
We didn't find any results
open map
Buat Reservasi
Pencarian Lanjutan
Your search results
3 Desember 2018

Ketahuilah Cara Menghitung Anggaran Sewa Ini agar Anda dapat Menghemat Budget

Seperti yang kita ketahui bahwa biaya sewa menyewa tidaklah murah. Anda juga tentu tidak bisa menentukan budgetnya secara sembarangan. Untuk mengetahui dan menentukan total biaya yang harus Anda keluarkan untuk menyewa sebuah properti, maka sebaiknya Anda membuat anggaran sewa terlebih dahulu.

Anggaran keuangan Anda pasti tidak hanya berisikan pembiayaan untuk menyewa properti saja, bukan? Ada kebutuhan lainnya yang harus Anda penuhi. Misalnya, pembiayaan makan sehari-hari, biaya pendidikan, ataupun biaya-biaya lainnya. Anggaran untuk menyewa properti yang bisa Anda keluarkan sebaiknya tidak lebih dari 30% dari total pendapatan Anda.

Persentase tersebut telah termasuk semua kebutuhan dalam penyewaan properti Anda. Selama ini, ada banyak orang yang keliru dalam membuat anggaran sewa. Sebab, sebagian besar dari mereka hanya menghitung harga sewa yang harus dibayarkan tanpa memasukkan unsur biaya lain yang dapat terjadi selama menempati hunian sewa tersebut. Hal inilah yang sering kali membuat seseorang merasa bahwa pengeluarannya sangat besar dan sulit membagi penghasilannya dengan kebutuhan yang lainnya.

Oleh sebab itu, sebaiknya Anda memastikan kebutuhan yang mungkin Anda perlukan ketika menyewa properti dengan jelas. Dengan demikian, Anda dapat mendata pengeluaran apa saja dan berapa total anggaran yang harus Anda alokasikan selama menempati hunian tersebut. Simaklah beberapa hal yang tidak boleh Anda lupakan dalam membuat anggaran sebagai penyewa properti berikut ini!

Uang Sewa

Uang sewa merupakan pengeluaran utama yang tentu saja tidak boleh Anda lupakan. Anda harus selalu mampu menyisihkan pendapatan Anda untuk melunasi uang sewa kepada pemilik secara tepat waktu. Sebab, bagaimanapun juga hal ini merupakan tanggung jawab Anda sebagai seorang penyewa.

Bagi Anda yang membayar uang sewa secara tahunan, maka Anda tidak boleh terlena dengan waktu pembayaran yang masih jauh. Anda harus mulai menganggarkannya setiap bulan untuk disimpan agar tidak kerepotan ketika waktu pembayaran semakin dekat.

Perawatan Hunian

Properti atau hunian yang bersih dan terawat tentu saja akan membuat Anda merasa betah tinggal di sana. Anda yang sibuk dan tidak memiliki banyak waktu biasanya lebih sering menyewa jasa ART untuk merawat dan membersihkan unit sewa Anda. Tentu saja Anda juga harus membayar jasa tersebut setiap bulannya. Kalaupun Anda melakukan perawatan hunian sendiri, maka Anda harus membeli perlengkapan dan peralatan untuk membersihkan hunian tersebut.

Transportasi

Lokasi hunian yang Anda sewa dapat menentukan berapa anggaran transportasi yang Anda perlukan untuk bepergian ke berbagai tempat. Inilah salah satu alasan mengapa Anda harus menghitung biaya transportasi ketika membuat anggaran sewa.

Tagihan

Selama menempati sebuah hunian, maka Anda tidak akan bisa lepas dari listrik, air atau jaringan telekomunikasi atau internet. Semua hal ini akan menghabiskan biaya tagihan yang tidak sedikit. Oleh sebab itu, Anda harus melakukan penghitungan tagihan secara tepat dan rinci agar anggaran sewa Anda dapat disesuaikan dengan total pengeluaran Anda. Anda dapat memperkirakannya dengan melihat tagihan listrik dan air terakhir dari hunian tersebut dengan memintanya kepada pemilik properti.

Biaya Sosial

Ketika menempati sebuah hunian, maka Anda tidak hanya berperan sebagai seorang penyewa. Anda juga akan menjadi salah satu bagian dari komunitas yang ada di sekeliling unit properti yang Anda huni. Misal, Anda menjadi warga dari RT dan RW setempat ataupun masuk ke dalam komunitas penghuni apartemen.

Dalam komunitas tersebut, biasanya Anda harus membayar biaya-biaya sosial seperti biaya keamanan dan kebersihan. Pengeluaran tersebut juga harus Anda masukkan ke dalam anggaran sewa. Sebab, hal tersebut harus selalu Anda bayarkan selama menjadi penghuni dari properti tersebut.

Biaya-biaya tersebut harus Anda pertimbangkan sebelum Anda menyewa suatu properti, agar total anggaran yang akan Anda alokasikan tidak melebihi 30% dari pendapatan Anda. Hal ini dilakukan agar kebutuhan Anda di luar penyewaan juga dapat terpenuhi.

Itulah cara yang bisa Anda lakukan untuk menghitung anggaran sewa yang perlu Anda keluarkan selama menyewa properti. Semoga bermanfaat.

Kategori Properti Anda: Life Style, Rumah

Leave a Reply

Your email address will not be published.