Berikut 4 hal yang wajib ada pada apartemen berkonsep smart living

Gaya hidup Go Green saat ini sangat populer di kalangan banyak orang. Pola hidup berkelanjutan seperti ini sendiri membuat beberapa perubahan pada kebiasaan sehari-hari seseorang. Sehubungan dengan gaya hidup baru ini, terjadi perubahan tidak hanya pada pemilihan bahan makanan, tetapi juga pada konsep hidup.

Gaya hidup berkelanjutan yang menjadi populer pasca pandemi Covid-19 mengusung konsep hidup cerdas. Bagaimana gaya hidup dengan konsep smart living yang banyak digunakan oleh pengembang real estate di beberapa kota besar? Berikut penjelasannya.

Smart Living

Smart Living sendiri merupakan sebuah cara pandang dan cara berpikir yang dilandasi oleh kepraktisan, efisiensi dan tetap menjaga faktor kenyamanan. Dari sudut pandang ini, perangkat teknologi diperlukan agar dapat beradaptasi dengan aktivitas masyarakat perkotaan yang cepat dan praktis. Terkait perumahan, konsep smart housing mencakup beberapa aspek yang dapat mewujudkan rumah pintar.

1. Kenyamanan

Aspek pertama yang benar-benar diperhatikan dalam konsep rumah pintar atau smart living adalah kenyamanan. Kenyamanan tetap menjadi prioritas bahkan pada apartemen dengan konsep smart living. Kenyamanan ini dapat dilihat dan diukur dari rasa privasi penghuninya. Untuk menghadirkan kenyamanan pada rumah berkonsep smart living dapat dilakukan dengan berbagai cara, misalnya pemilihan warna-warna yang memberikan energi menenangkan dan positif, penempatan cahaya pada ruangan secara tepat, dan juga menghadirkan suasana alami. Opsi lainnya adalah menerapkan teknologi dengan memasang perangkat otomatis seperti lampu, AC, dan lainnya yang dapat dihubungkan ke ponsel.

2. Keamanan

Aspek penting lainnya dalam konsep kehidupan cerdas adalah keamanan. Tidak hanya menyangkut kehidupan dan keamanan rumah, keamanan rumah juga mencakup segala hal, seperti barang-barang pribadi pemilik rumah. Untuk mencapai hal ini, Anda dapat menggunakan sistem penguncian ganda yang menggabungkan teknologi keamanan, alarm, pemasangan kunci otomatis, dan optimalisasi pencahayaan rumah.

3. Kesehatan

Aspek selanjutnya yang juga terkait dengan konsep kehidupan cerdas adalah kesehatan. Perumahan memang bisa mendatangkan kesehatan bagi penghuninya. Oleh karena itu, pada rumah berkonsep smart living ini, perhatian besar diberikan pada arsitektur dan bentuk bangunannya. Tak hanya itu, hunian pintar ini juga sangat memperhatikan sistem ventilasi yang baik sehingga menjamin kualitas udara dan pencahayaan yang menjamin kesehatan. Ventilasi yang baik adalah cara memasang jendela kaca berukuran besar. Terakhir, sistem drainase dan pembuangan sampah yang baik merupakan aspek kesehatan yang penting dari rumah pintar ini.

4. Efisien

Terakhir, salah satu aspek yang harus hadir pada apartemen berkonsep smart living adalah efisiensi. Berkat efisiensi tersebut, bangunan hunian pintar ini menjadi bangunan kompak dengan fungsi multifungsi. Rumah dengan konsep ini biasanya memiliki denah yang fungsional, mengoptimalkan pemanfaatan ruang sebagai kunci utama.

Salah satu cara untuk menyempurnakan smart home adalah dengan menciptakan dapur minimalis yang didukung dengan peralatan sederhana, fungsional, dan proporsional. Agar perabot dapur tidak memakan terlalu banyak tempat, Anda bisa menggunakan kulkas yang lebih tipis atau oven yang terintegrasi dengan oven microwave. Sementara itu, untuk area lainnya, Anda harus bisa mengoptimalkan area kolong tangga atau kolong tempat tidur sebagai tempat penyimpanan.

Inilah beberapa aspek yang harus dimiliki apartemen berkonsep smart living. Mulai saat ini, mereka yang ingin menerapkan rumah pintar ini tidak lagi bingung apa saja yang perlu dipersiapkan.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *