Dengan Solusinya, Berikut Adalah 10 Alasan Mengapa AC Hanya Keluar Angin dan Tidak Dingin

Tidak cukup dingin di rumah Anda?

Lihat artikel berikut untuk mengetahui penyebab AC tidak dingin!

Salah satu elektronik rumah tangga yang paling penting adalah AC. Teknologi ini sangat bermanfaat bagi rumah-rumah di negara-negara tropis seperti Indonesia. Sayangnya, ada masalah yang sering menyebabkan AC tidak berfungsi dengan baik. Kadang-kadang, AC tidak dingin dan hanya mengeluarkan angin.

Bingung apa yang menyebabkannya?

Baca ulasan lengkap berikut tentang penyebab AC tidak dingin!

Cara Mengatasi AC Tidak Dingin

1. Freon AC Habis atau Kurang

Pertama, penyebab AC tidak dingin dan hanya keluar angin dapat berasal dari freon yang habis atau kurang. Buku Daryanto “Menggunakan, Merawat, dan Memperbaiki Peralatan Listrik Rumah Tangga” membahas hal ini. Menurut penjelasan buku, kekurangan freon dapat disebabkan oleh waktunya isi ulang atau kebocoran pada jalur pipa sirkulasi. Apabila terjadi kebocoran, Anda harus menambalnya sebelum memulai isi ulang. Untuk menjaga kinerja pendinginan udara yang optimal, kadar freon AC harus diperiksa secara teratur setiap tiga hingga empat bulan sekali karena freon AC sendiri mengandung zat klorin, hidrogen, dan broming yang dapat membuat udara menjadi lebih dingin.

2. Luas Ruangan Tidak Sesuai Kapasitas AC

Menurut buku yang sama, luas ruangan juga dapat menjadi penyebab AC tidak dingin. Oleh karena itu, sebelum membeli AC, ukur luas ruangan Anda. AC kecil tidak akan mampu membuat ruangan menjadi dingin jika ruangan terlalu besar.

3. Filter AC Tertutup Debu

Untuk ruangan 3×3 meter, gunakan 1/2 PK AC, ruangan 3×6 meter, gunakan 1 PK AC, dan ruangan 6×6 meter, gunakan 2 PK AC. Penyebab AC tidak dingin dan hanya mengeluarkan angin adalah filter yang kotor, yang jarang dibersihkan.

Meskipun filter AC berfungsi untuk menghilangkan kotoran di udara AC, cara terbaik untuk membuat AC dingin kembali adalah dengan membersihkan filter di dalam rumah setidaknya sekali seminggu. Buka tutup di bagian atas filter, ambil filter, cuci dengan sabun detergen, akeringkan, dan pasang kembali.

Untuk perawatan AC di rumah harus dilakukan setidaknya tiga bulan sekali, dan AC di perkantoran harus dilakukan dua bulan sekali.

Untuk mencegah kontaminasi, tutup area AC, seperti kasur, dengan koran sebelum membersihkannya.

4. Pintu dan Jendela Sering Terbuka

Saat AC dihidupkan, jangan biarkan pintu dan jendela terbuka. Karena celah pintu dan jendela akan mempengaruhi suhu ruangan, membuatnya tidak seperti biasanya. Dalam situasi seperti ini, yang terbaik adalah menutup celah dengan rapat.

5. Ampere Kompresor Melebihi Batas Normal

Ini adalah penyebab tambahan mengapa AC tidak dingin. Namun, jika kapasitor tidak rusak, itu berarti ampere kompresor melebihi batas normal. Dengan menggunakan clamp meter, atau tang ampere, Anda dapat mengecek ampere. Untuk melakukan ini, ikat rahang tang ampere ke kabel kiriman di luar dan posisikan saklar clamp meter pada posisi A. Jika angka yang keluar melebihi batas A, itu berarti kompresor AC kurang kuat dan harus diganti.

6. Kondisi Ruangan

Berikutnya, kondisi ruangan mungkin memengaruhi fenomena AC yang kurang dingin. Sebagai contoh, ruangan dengan tembok yang terbuat dari campuran semen dan pasir cenderung terasa lebih panas. Ruangan dengan banyak dinding kaca juga akan terasa lebih panas karena paparan sinar matahari langsung. Mengganti AC dengan kipas angin akan lebih efektif di ruangan seperti ini.

7. Kondensor AC Sudah Kotor

Kerusakan atau penumpukan kotoran pada kondensor adalah penyebab AC tidak dingin berikutnya. Kondensor berada di bagian luar AC dan berfungsi untuk memanaskan gas pemanas (freon) pada suhu tertentu. Agar AC dingin kembali, Anda harus membersihkan kondensor secara teratur. Untuk menghilangkan kotoran, gunakan sabun dan air, lalu siram dengan air secara perlahan. Jika Anda tidak menggunakan AC untuk waktu yang lama, tutup kondensor dengan kain. Ini akan mencegah AC menjadi panas.

8. Pengaturan AC Jauh

Menurut Irika Widiasanti dari buku Pemeliharaan dan Perawatan Gedung Muhammad Syafei, penyebab AC tidak dingin juga dapat berasal dari pengaturan AC jauh. Pastikan simbol bintang di layar menunjukkan bahwa mode cool digunakan agar AC dingin. Dalam teknologi modern yang kering, mesin hanya akan menyalakan motor FAN, dan unit luar tidak akan menerima aliran listrik. Kemudian, untuk aliran udara dingin yang lebih merata, aktifkan mode fan atau kipas yang paling tinggi.

9. Komponen Pada Papan Circuit Rusak

Papan sirkuit (PCB) adalah komponen yang memberikan arus listrik untuk menyalakan kompresor AC. Jika papan PCB rusak, hal ini dapat menyebabkan AC tidak dingin dan hanya keluar angin. Untuk memperbaikinya, Anda dapat melakukan perbaikan PCB atau menggantinya dengan yang baru.

10. Evaporator AC Membeku

Terakhir, penyebab AC rumah kurang dingin mungkin karena sistem evaporator membeku karena terlalu lama digunakan. Untuk mengatasi masalah ini, Anda dapat memasang timer untuk mencegah pendingin udara bekerja terus menerus. Setelah 3–4 jam penggunaan atau ketika udara menjadi lebih sejuk, matikan AC.

Solusi untuk Mendinginkan Ruangan Tanpa AC

Anda sudah mengecek semua komponen di atas, tetapi AC tetap dingin?

Jika begitu, mungkin saatnya untuk membeli unit AC baru.

Memasang kipas angin untuk pendinginan tambahan juga bisa menjadi solusi, tetapi ini akan membutuhkan lebih banyak listrik.

Selain itu, saat Anda tidak menggunakan AC, buka pintu dan jendela secara teratur. Ini memungkinkan udara segar masuk ke dalam rumah dan menghilangkan udara panas.

Tips untuk Menjaga AC agar Performanya Prima

Setelah Anda membaca informasi di atas, ada beberapa saran yang dapat Anda terapkan untuk memastikan AC tetap berfungsi dengan baik.

Dengan cara ini, risiko kerusakannya dapat dikurangi dan Anda tidak perlu khawatir tentang suhu ruangan.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah:

  • Ganti filter udara setiap enam bulan.
  • Selama AC menyala, gunakan termostat pintar atau pengontrol AC untuk menjaga pintu dan jendela ruangan tertutup.
  • Gunakan AC dengan ukuran yang tepat untuk ruangan. Pastikan AC berada pada suhu yang tepat, tidak terlalu tinggi maupun terlalu rendah.
  • Pastikan AC tidak dinyalakan saat tidak ada orang di rumah.
  • Saat tidur, gunakan mode tidur untuk menghemat daya.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *