Jangan Lakukan 6 Kesalahan Ini Saat Membersihkan Rumah!

Rumah harus selalu dibersihkan setiap hari karena banyaknya kegiatan yang dilakukan oleh anggota keluarga. Dengan rutin membersihkan rumah, kita juga bisa menjadikan rumah dan semua perabotnya lebih awet.

Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Membersihkan Rumah

Namun, sayangnya, ada beberapa kesalahan yang sering terjadi saat membersihkan rumah. Beberapa kesalahan yang sering dilakukan ketika membersihkan rumah dapat berakibat fatal alih-alih membuatnya bersih. Berikut adalah beberapa kesalahan yang sering dilakukan dan harus dihindari saat membersihkan rumah.

1. Menggunakan Pembersih Abrasif pada Lantai dan Bak Mandi

Menggunakan pembersih abrasif pada lantai dan bak mandi adalah kesalahan pertama yang sering dilakukan saat membersihkan rumah. Meskipun pembersih abrasif mampu menghilangkan kotoran yang membandel, Anda harus mempertimbangkan bahwa produk ini juga dapat menumpulkan hasil akhir. Jadi, saat membersihkan lantai atau bak mandi, gunakan kain lembut dan pembersih cair atau bedak yang tidak abrasif daripada spons penggosok.

2. Menggunakan Semir Furnitur untuk Menghapus Debu

Selain itu, penggunaan semir furnitur untuk membersihkan debu yang menempel tidak tepat. Meskipun semir furnitur memiliki bau yang menyenangkan dan dapat membuat lemari lebih berkilau, terlalu banyak semir ternyata mengotori dan membuat sidik jari terlihat lebih menonjol. Oleh karena itu, gunakannya dengan tepat. Untuk membersihkan debu dari furnitur, bahkan lebih baik menggunakan kain yang hampir tidak basah dengan air.

3. Menghilangkan Noda dari Karpet dan Kain Pelapis

Kebanyakan dari kita sering menggosok karpet saat terkena noda, tetapi faktanya metode ini justru dapat menyebabkan karpet menjadi rusak. Saat karpet terkena noda, bersihkan dengan handuk bersih dan kering sesering mungkin. Anda dapat membilasnya dengan air bersih dan keringkan kembali setelah itu. Jika diperlukan, ulangi ini. Untuk menggunakan penghilang noda karpet, ikuti petunjuk yang diberikan oleh pabrik.

4. Mencuci Jendela Saat Cuaca Cerah

Selanjutnya, mencuci jendela pada hari yang cerah adalah salah satu kesalahan yang sering dilakukan saat membersihkan rumah. Jika Anda percaya bahwa membersihkan dan mencuci jendela pada hari yang cerah dapat membuat hasil terbaik, Anda salah. Karena panas matahari dapat membuat pembersih kaca menguap dengan cepat dan menyebabkan goresan. Jadi, jika Anda ingin membersihkan dan mencuci jendela, lakukanlah pada hari yang berawan ketika suhu tidak lebih dari 21 derajat Celcius.

5. Menyapu Lantai Kayu dengan Air

Jika Anda memiliki lantai kayu di rumah Anda, jangan menggunakan air untuk mengepelnya. Ini karena air sangat membenci lantai kayu dan laminasi keras, seperti linoleum. Bagaimanakah solusinya? Sapu dan sedot debu dari lantai kayu ini dengan sering. Jika mengepel tetap diinginkan, gunakan kain yang hampir tidak lembap.

6. Menggunakan Cleaner Semprot pada Alat Elektronik

Terakhir, salah satu kesalahan paling umum saat membersihkan rumah adalah menggunakan produk pembersih semprot pada perangkat elektronik. Menghindari produk pembersih spray atau semprotan yang mengandung air saat membersihkan alat elektronik seperti televisi, kipas angin, dan lainnya karena mereka rentan rusak jika terpapar air. Sebagai alternatif, gunakan kain mikrofiber. Jika diperlukan, semprotkan alkohol gosok pada kain dan jangan semprotkan ke layar atau perangkat elektronik.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *