Mau Hilangin Cacing dari Saluran Air dan Kamar Mandi? Simak Caranya!

Muncul cacing di kamar mandi dan saluran air? Untuk Property People, baca cara membasmi cacing yang mudah dan efektif berikut ini. Ketika musim penghujan tiba dan lingkungan sekitar rumah menjadi lembap atau berair, kehadiran cacing biasanya akan meningkat. Kondisi kamar mandi di Indonesia, yang umumnya lembap, menjadikannya lebih buruk karena sering menjadi tempat cacing bersarang dan berkembang biak. Kamar mandi lembap dapat menyebabkan cacing merah masuk melalui sela-sela keramik yang terbuka, selain membuat ruangan menjadi tidak nyaman. Jika Anda tidak waspada, cacing itu dapat membahayakan kesehatan keluarga Anda.

Segera ikuti cara membasmi cacing sampai ke akarnya agar tidak terjadi hal buruk!

Cara terbaik untuk membasmi cacing adalah sebagai berikut.

1. Gunakan Cairan Kimia

Jika menggunakan cairan pembersih kimia, cukup tuangkan ke sela-sela nat yang terbuka. Saat Anda menemukan cacing, Anda juga dapat langsung menerapkan cairan tersebut ke tubuhnya.

2. Semprotkan Cairan Garam dan Sabun

Ini adalah metode alami untuk menyingkirkan cacing di kamar mandi. Ini adalah cara untuk menghilangkan cacing di kamar mandi:

Siapkan campuran larutan garam dengan perbandingan 500 gram garam dengan lima liter air bersabun. Kocok campuran dengan baik. Siramkan air ke dinding dan lantai kamar mandi setelah menyikatnya merata. Siram kembali dengan air bersih.
Jika Anda melakukan ini secara teratur, cacing pasti tidak akan kembali ke rumah.

Dengan sendirinya, campuran ini membantu cacing keluar dari persembunyian mereka dan membunuh mereka langsung dalam saluran.

3. Membersihkan Kamar Mandi dengan Rutin

Cara selanjutnya untuk menghilangkan cacing di kamar mandi adalah dengan rutin membersihkannya. Selalu bersihkan kamar mandi Anda, termasuk area yang sering terabaikan seperti sudut ruangan, area di sekitar wastafel, dan celah di antara ubin. Untuk membersihkan area ini, Anda bisa menggunakan banyak sabun, bahkan sabun cuci piring. Cacing sering berkembang biak di lingkungan yang kotor dan lembap.

4. Jaga Kamar Mandi agar Kering

Cacing cenderung hidup di tempat yang lembap. Jadi, setelah digunakan, keringkan permukaan basah, hindari rembesan air, dan pastikan ventilasi yang baik.

5. Memperbaiki Rembesan Kamar Mandi

Periksa apakah ada rembesan air dari pipa atau keran yang bocor. Untuk mengurangi kelembaban tempat cacing berkembang biak, perbaiki sumber rembesan ini.

6. Menggunakan Cairan dari Cuka

Cuka putih atau campuran air dan cuka adalah dua contoh cairan pembersih alami yang dapat membantu membersihkan sisa makanan atau bahan organik yang menjadi makanan cacing di kamar mandi. Semprotkan pada area di kamar mandi dengan campuran air dan cuka 1:1. Biarkan selama beberapa saat, lalu bersihkan.

7. Gunakan Soda Baking

Soda baking juga bisa digunakan untuk membersihkan kamar mandi. Untuk membuat pasta, campurkan baking soda dengan air, lalu gosokkan pada area yang terkena cacing. Sifat abrasif ringan bahan ini membantu menghilangkan kotoran.

8. Taburkan Serbuk Kayu dan Pasir

Anda mungkin ingin mencoba menempatkan sedikit serbuk kayu gergaji atau pasir di area yang mungkin terkontaminasi cacing. Karena dapat mengganggu lingkungan yang disukai cacing dan membuatnya lebih sulit bagi mereka untuk berkembang biak, ini mungkin salah satu cara yang paling mudah untuk menghilangkan cacing di kamar mandi.

9. Pastikan Kamar Mandi Memiliki Sirkulasi Udara yang Baik

Untuk menjaga kondisi kering dan mengeluarkan kelembapan, buka jendela atau gunakan kipas exhaust.

10. Memasang Perangkap Cacing di Kamar Mandi

Cangkang kerang atau wadah air cuka dapat digunakan untuk memasang perangkap cacing di tempat yang sering terlihat cacing. Jika cacing tertarik pada bau cuka dan jatuh ke dalam air, populasi mereka akan berkurang.

11. Metode untuk Membasmi Cacing di Bak Mandi

Setelah tandon dibersihkan, saatnya membersihkan bak mandi. Dinding bak mandi harus dibersihkan setidaknya sekali sebulan untuk menghilangkan kotoran dan lumut yang menempel. Untuk hasil yang lebih baik, campurkan cara membersihkan bak mandi dengan air garam atau larutan kaporit. Terakhir, pastikan untuk membersihkan bak mandi dan tandon air dengan lebih sering untuk menghilangkan kotoran dan lumut yang menempel di dalamnya.

Jalur Cacing di Kamar Mandi Karena aliran air di bawah rumah, cacing merah biasanya masuk ke kamar mandi. Mereka yang menggunakan air dari sumur bor juga mungkin mengalami masalah ini. Ini disebabkan oleh fakta bahwa air belum diolah dengan baik sebelum mengalir ke rumah dan tempat lain. Selain jenis air yang digunakan, sistem drainase rumah yang buruk juga dapat menyebabkan cacing masuk ke dalam kamar mandi yang lembap. Selain itu, dalam kasus di mana sela-sela lantai alias nat belum tertutup secara menyeluruh. Oleh karena itu, sangat penting untuk memantau dan merawat setiap aliran masuk dan keluar air untuk mencegah penyebaran cacing ke dalam rumah.

Cara Membasmi Cacing Air di Tandon Air

Jika Anda menggunakan air dari PDAM, ada kemungkinan bahwa cacing tidak akan masuk ke bak mandi karena air telah melalui proses pengolahan sebelumnya. Namun, karena air sumur mengalir langsung dari dalam tanah tanpa pengolahan, sangat mungkin ada cacing di bak mandi Anda. Air sumur yang langsung tertampung dalam tandon tanpa pengelolaan sebelumnya sangat mungkin mengandung cacing air sumur dan telurnya.

Tandon air harus dibersihkan terlebih dahulu karena merupakan sumber masalah utama. Cacing akan berkembang biak dengan lebih cepat di dalam tandon, terutama jika jarang dibersihkan. Oleh karena itu, cara pertama untuk menghilangkan cacing dalam bak mandi adalah membersihkan tandon air. Agar air tandon lebih bersih, Anda bisa memasang penyaring air di dalamnya atau mencampur kaporit ke dalamnya. Anda juga dapat membersihkan tandon air secara manual menggunakan sikat, lap, atau kain pel.

Setelah Anda selesai membersihkan tandon, Anda dapat melanjutkan ke tahap berikutnya—membersihkan bak mandi.

Bahan yang Digunakan untuk Membasmi Cacing

Tidak cukup untuk membunuh cacing merah di kamar mandi dengan membasuhnya ke lubang pembuangan dengan air; mereka dapat kembali ke kamar mandi melalui celah yang ada. Oleh karena itu, gunakan cairan khusus yang dapat membunuh cacing. Namun, jika Anda tidak menyukai pembersih berbahan kimia, Anda dapat membuat campuran bahan alami sendiri di rumah. Bahan-bahan yang diperlukan: garam blok atau garam kasar, air bekas pel, dan sikat kamar mandi.

Selain itu, ada bukti bahwa membersihkan kamar mandi dengan karbol atau detergen secara rutin dapat membantu menghilangkan cacing di dalamnya.

Cara Mencegah Cacing Kembali

Selain cara membasmi cacing yang disebutkan di atas, akan lebih baik jika Anda juga melakukan pencegahan yang efektif. Cara paling mudah adalah mengisi kembali sela-sela nat yang terbuka. Memang, seiring berjalannya waktu, nat kamar mandi akan menjadi lebih lembek karena air terus menerus. Untuk mencegah kembalinya cacing, perawatan dan perbaikan dinding dan lantai kamar mandi yang bolong sangat penting. Selain itu, seperti yang Anda ketahui, cacing dapat masuk melalui lubang kecil di lantai dan dinding kamar mandi.

Cara terbaik untuk menghapus cacing dari lingkungan rumah adalah dengan menggunakan kombinasi tindakan pencegahan dan perbaikan ini.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *