Mempelajari Attic Room, Sebuah Ruangan yang Memanfaatkan Area Loteng

Memang, ruangan attic atau ruangan yang terletak di area loteng atau bawah atap masih jarang ditemukan di Indonesia. Area loteng ini biasanya digunakan sebagai ruang kedap udara di Indonesia, tetapi tidak lagi memiliki fungsi apa pun. Namun, secara bertahap, beberapa hunian di Indonesia mulai menggunakan ruang bawah tanah sebagai ruang tertentu yang bermanfaat. Summarecon Serpong, dengan klaster barunya di Kawasan Symphonia bernama Leonora, adalah salah satu developer yang menerapkan attic room untuk huniannya. Seperti apa ide tentang ruang bawah tanah? Ini adalah penjelasannya!

Perbedaan antara Attic Room dan Loft Space

Banyak orang mengira Attic Room ini mirip dengan loft space. Namun, faktanya, konsep-konsep ini tidak sama. Karena Attic Room ini hanya dirancang untuk memanfaatkan area kosong di bawah atap, jadi Anda tidak perlu membuat desain lagi seperti meninggikan atap untuk membuat Attic Room. Ini adalah alasan mengapa Attic Room ini benar-benar memerlukan desain loteng yang luas.

Memanfaatkan Area Loteng

Tempat di bawah atap yang tidak terlalu luas disebut loteng atau attic sendiri. Di negara-negara Eropa dan Amerika, Attic Room sendiri sudah menjadi ruangan tertentu. Attic Room dapat digunakan untuk berbagai tujuan selain sebagai ruang bersantai keluarga:

1. Kamar tidur ekstra

Pertama, attic dapat digunakan sebagai kamar tidur tambahan jika Anda tinggal di rumah mungil dengan kamar tidur terbatas. Namun, jika Anda ingin menggunakan attic sebagai kamar tidur tambahan, pastikan untuk memasang AC. Ini karena iklim tropis Indonesia membuat suhu di attic room lebih tinggi daripada di ruang lain di bawahnya. Namun, dengan AC di attic room, Anda dapat tetap nyaman meskipun udara di luar sedang panas.

2. Ruang Kerja

Jika Anda membutuhkan ruang kerja pribadi, Anda bisa membuat loteng menjadi ruang kerja attic. Memiliki ruang tersendiri yang terpisah dari area lain, ruang ini akan membuat Anda lebih fokus saat bekerja di sana. Tapi untuk memaksimalkan hasil, Anda harus melengkapi beberapa hal di sini. Air Conditioner (AC), lampu dengan pencahayaan yang cukup, dan jendela untuk sirkulasi udara yang baik adalah perlengkapan pendukung untuk menyediakan tempat kerja di ruang bawah tanah ini.

3. Tempat Perpustakaan

Selanjutnya, Attic Room dapat digunakan sebagai perpustakaan. Tidak diragukan lagi, ruang perpustakaan di loteng memiliki banyak manfaat, termasuk ketenangan saat membaca buku. Namun, untuk membuat ruang perpustakaan ini berfungsi dengan baik sebagai ruang loteng, Anda juga harus menyediakan perlengkapan pendukung seperti AC, karpet, jendela, tanaman hias, dan sofa.

4. Gudang

Terakhir, gunakan loteng sebagai gudang atau tempat penyimpanan barang. Karena suhu udara ruangan yang terjaga di loteng memungkinkan barang-barang Anda tetap dalam kondisi terbaik. Namun, jika Anda ingin membuat gudang di loteng, Anda harus membuat ruang yang kokoh karena nantinya akan ada banyak barang di sana. Jangan lupa untuk tetap menjaga kebersihan gudang di ruang bawah tanah.

Demikianlah penjelasan tentang ruang bawah tanah yang dapat diterapkan pada rumah. Attic room, meskipun belum populer di Indonesia, bisa menjadi pilihan yang bagus untuk dihadirkan di rumah asal jika digunakan dengan benar.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *