Merawat Kebersihan Pribadi Saat Berada di Luar Rumah dengan Cara ini

Ketika berada di luar rumah, menjaga kebersihan pribadi adalah hal yang sangat penting untuk kesehatan dan kenyamanan kita sendiri serta orang-orang di sekitar. Terutama dalam situasi seperti pandemi global, seperti yang kita alami saat ini, praktik-praktik kebersihan pribadi yang tepat dapat membantu melindungi diri dari penyakit dan menjaga kesehatan secara keseluruhan. Dalam artikel ini, kita akan membahas langkah-langkah penting dalam merawat kebersihan pribadi saat berada di luar rumah.

Langkah 1: Bawa Perlengkapan Kebersihan Pribadi

Pastikan Anda selalu membawa perlengkapan kebersihan pribadi dalam tas Anda, seperti tisu basah atau tisu antiseptik, hand sanitizer dengan minimal 60% alkohol, masker cadangan, dan juga masker medis jika diperlukan.

Langkah 2: Memakai Masker dengan Benar

Sebelum meninggalkan rumah, pastikan Anda memakai masker dengan benar. Bersihkan tangan Anda dengan hand sanitizer sebelum memegang masker. Pegang masker hanya pada tali atau tali pengikatnya, jangan sentuh bagian depannya. Pasang masker dengan sempurna menutupi hidung dan mulut, pastikan tidak ada celah di sisi masker. Gantilah masker jika terasa lembap.

Langkah 3: Hindari Menyentuh Wajah

Usahakan untuk tidak menyentuh wajah Anda saat berada di luar rumah, terutama area mata, hidung, dan mulut. Tangan dapat menjadi media penyebaran kuman dari permukaan yang terkontaminasi.

Langkah 4: Praktikkan Etika Batuk dan Bersin

Jika Anda perlu batuk atau bersin, lakukan dengan etika yang benar. Tutup mulut dan hidung Anda dengan tisu atau siku bagian dalam. Setelah itu, segera buang tisu bekas ke tempat sampah dan bersihkan tangan Anda dengan hand sanitizer.

Langkah 5: Cuci Tangan Secara Teratur

Cuci tangan Anda dengan sabun dan air mengalir selama minimal 20 detik, terutama setelah menyentuh permukaan yang terkontaminasi, sebelum makan, dan setelah menggunakan toilet. Jika air dan sabun tidak tersedia, gunakan hand sanitizer.

Langkah 6: Hindari Kerumunan

Usahakan untuk menjaga jarak fisik minimal 1-2 meter dari orang lain, terutama jika Anda berada di tempat umum atau keramaian. Hindari kerumunan yang tidak perlu demi mengurangi risiko penularan penyakit.

Langkah 7: Bersihkan Permukaan yang Sering Disentuh

Jika Anda menyentuh permukaan yang sering digunakan umum, seperti pegangan pintu, tombol lift, atau mesin ATM, usahakan untuk membersihkannya dengan tisu antiseptik atau tisu basah sebelum dan setelah menyentuhnya.

Langkah 8: Hindari Kontak Fisik

Selama situasi yang memerlukan kontak fisik minimalkan sentuhan langsung dengan orang lain, seperti jabat tangan atau pelukan. Anda bisa memberi salam dengan senyuman atau anggukan sebagai pengganti.

Langkah 9: Bersihkan Barang Bawaan

Setelah Anda kembali ke rumah, segera bersihkan barang bawaan Anda, seperti telepon seluler, kunci, atau dompet, dengan tisu basah atau tisu antiseptik. Ini akan membantu mencegah kontaminasi di rumah.

Langkah 10: Mandi dan Ganti Pakaian

Jika, mandilah dan ganti pakaian setelah kembali dari luar rumah. Ini akan membantu menghilangkan kuman yang menempel di tubuh dan pakaian Anda.

Langkah 11: Tetap Patuhi Pedoman Kesehatan

Terakhir, tetaplah mematuhi pedoman kesehatan yang diberikan oleh otoritas kesehatan setempat. Jika ada peraturan mengenai jarak sosial atau penggunaan masker, pastikan Anda mengikutinya.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda dapat merawat kebersihan pribadi Anda dengan baik saat berada di luar rumah. Praktik kebersihan yang tepat tidak hanya melindungi Anda, tetapi juga membantu menjaga kesehatan masyarakat secara keseluruhan.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *