Cara Verifikasi Sertifikat Vaksin dengan Menggunakan Nomor NIK, Tanpa Bergantung pada Aplikasi SatuSehat

Dalam upaya menjaga keamanan dan kesehatan masyarakat, verifikasi sertifikat vaksin menjadi hal yang sangat penting. Sertifikat vaksin merupakan bukti sah bahwa seseorang telah menerima vaksinasi COVID-19. Meskipun banyak aplikasi yang menyediakan layanan verifikasi ini, terdapat cara alternatif untuk melakukan verifikasi sertifikat vaksin tanpa harus bergantung pada aplikasi SatuSehat atau sejenisnya. Berikut adalah langkah-langkah untuk melakukan verifikasi sertifikat vaksin dengan menggunakan nomor NIK:

Langkah 1: Persiapan Awal Sebelum memulai proses verifikasi sertifikat vaksin, pastikan Anda memiliki akses internet yang stabil dan perangkat berupa laptop atau smartphone.

Langkah 2: Akses Sistem Verifikasi Online Buka browser internet pada perangkat Anda dan kunjungi situs resmi yang menyediakan layanan verifikasi sertifikat vaksin. Pastikan situs tersebut terpercaya dan aman untuk digunakan.

Langkah 3: Pilih Opsi Verifikasi Sertifikat Vaksin Pada halaman utama situs verifikasi, biasanya terdapat beberapa opsi layanan. Pilih opsi yang sesuai dengan verifikasi sertifikat vaksin.

Langkah 4: Masukkan Nomor NIK Pada langkah ini, Anda akan diminta untuk memasukkan nomor NIK (Nomor Induk Kependudukan) yang tertera pada KTP atau dokumen identifikasi resmi lainnya. Pastikan Anda memasukkan nomor NIK dengan benar dan teliti.

Langkah 5: Masukkan Data Tambahan Setelah memasukkan nomor NIK, sistem akan meminta Anda untuk memasukkan beberapa data tambahan sebagai langkah pengamanan, seperti tanggal lahir atau nama ibu kandung.

Langkah 6: Verifikasi Captcha Untuk memastikan bahwa Anda adalah manusia dan bukan bot, sistem akan meminta Anda untuk menyelesaikan verifikasi captcha. Ikuti petunjuk yang diberikan untuk menyelesaikan tahap ini.

Langkah 7: Tunggu Hasil Verifikasi Setelah Anda berhasil melewati langkah-langkah sebelumnya, sistem akan melakukan proses verifikasi sertifikat vaksin berdasarkan nomor NIK yang Anda masukkan. Tunggu beberapa saat hingga sistem memberikan hasil verifikasi.

Langkah 8: Hasil Verifikasi Sertifikat Vaksin Hasil verifikasi sertifikat vaksin akan ditampilkan pada layar perangkat Anda. Jika sertifikat vaksin terkait dengan nomor NIK yang dimasukkan valid, maka informasi terkait vaksinasi akan ditampilkan.

Langkah 9: Simpan Hasil Verifikasi Jika hasil verifikasi menunjukkan bahwa sertifikat vaksin valid, pastikan untuk menyimpan hasil verifikasi ini. Anda bisa melakukan tangkapan layar atau mencatat informasi penting terkait sertifikat vaksin.

Langkah 10: Verifikasi Berkala Verifikasi sertifikat vaksin sebaiknya dilakukan secara berkala, terutama jika Anda perlu menunjukkan bukti vaksinasi dalam berbagai situasi. Pastikan Anda selalu melakukan verifikasi terbaru jika ada pembaruan data vaksinasi.

Melalui langkah-langkah di atas, Anda dapat melakukan verifikasi sertifikat vaksin dengan menggunakan nomor NIK tanpa perlu bergantung pada aplikasi SatuSehat atau aplikasi serupa. Dengan demikian, Anda tetap dapat mematuhi peraturan kesehatan dan memberikan bukti vaksinasi saat diperlukan. Ingatlah untuk hanya menggunakan situs verifikasi resmi dan terpercaya guna menghindari risiko keamanan dan privasi yang tidak diinginkan.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *