20 Contoh Surat Lamaran Kerja yang Tepat, Menarik Perhatian HRD

20 Contoh Surat Lamaran Kerja yang Tepat, Menarik Perhatian HRD

Mencari pekerjaan yang sesuai dengan kualifikasi dan minat Anda dapat dimulai dengan langkah pertama yang sangat penting: menulis surat lamaran kerja yang efektif. Surat lamaran kerja adalah kesempatan Anda untuk mengesankan HRD (Human Resources Department) dan membuat diri Anda menonjol di antara pelamar lainnya. Di bawah ini, kami akan menjelaskan langkah-langkah penting dalam membuat surat lamaran kerja yang tepat dan menarik perhatian HRD.

1. Pahami Tujuan Surat Lamaran Kerja: Sebelum mulai menulis, pahami tujuan surat lamaran. Tujuannya adalah untuk memperkenalkan diri Anda, menyoroti kualifikasi Anda, dan menyatakan minat Anda terhadap posisi yang diinginkan.

2. Riset Perusahaan: Pelajari dengan baik tentang perusahaan yang Anda lamar. Mengetahui visi, misi, dan nilai-nilai perusahaan akan membantu Anda menyesuaikan surat lamaran dengan budaya dan kebutuhan perusahaan.

3. Gaya Penulisan yang Profesional: Gunakan gaya penulisan yang formal dan profesional. Hindari penggunaan bahasa slang atau informal.

4. Gunakan Format Surat Bisnis: Gunakan format surat bisnis yang standar, dengan alamat pengirim, tanggal, alamat tujuan, salam pembuka, isi paragraf, dan salam penutup.

5. Salam Pembuka yang Tepat: Mulailah surat dengan salam pembuka yang sopan, seperti “Yth. Bapak/Ibu HRD” atau “Kepada Tim HRD.”

6. Perkenalkan Diri: Pada paragraf pembuka, perkenalkan diri Anda secara singkat, sebutkan latar belakang pendidikan dan pengalaman Anda.

7. Soroti Kualifikasi: Di paragraf berikutnya, soroti kualifikasi Anda yang relevan dengan posisi yang dilamar. Jelaskan bagaimana kualifikasi tersebut dapat memberikan kontribusi positif bagi perusahaan.

8. Motivasi Anda: Sampaikan alasan mengapa Anda tertarik pada posisi dan perusahaan tersebut. Tekankan sejauh mana minat dan nilai Anda sejalan dengan perusahaan.

9. Ceritakan Pencapaian: Ceritakan tentang pencapaian atau proyek yang menunjukkan kemampuan dan dedikasi Anda.

10. Poin-poin Kunci: Gunakan poin-poin kunci atau bullet points untuk merinci keterampilan atau pengalaman yang relevan.

11. Kesesuaian Budaya: Jelaskan bagaimana Anda cocok dengan budaya perusahaan dan mengapa Anda akan menjadi aset berharga bagi tim.

12. Jangan Ulang CV: Jangan mengulang informasi yang sudah ada di CV Anda. Gunakan surat lamaran untuk memberikan wawasan tambahan.

13. Cermati Tata Bahasa dan Ejaan: Pastikan surat bebas dari kesalahan tata bahasa dan ejaan. Kesalahan tersebut dapat mengurangi kesan profesional Anda.

14. Jangan Terlalu Panjang: Usahakan untuk tidak membuat surat terlalu panjang. Simpan informasi penting dan relevan.

15. Jalin Koneksi dengan Posisi: Tunjukkan bagaimana pengalaman Anda berkaitan langsung dengan tugas dan tanggung jawab yang terkait dengan posisi tersebut.

16. Tunjukkan Antusiasme: Sampaikan antusiasme Anda terhadap peluang ini dan niat untuk berkontribusi secara positif.

17. Permintaan Tindak Lanjut: Sertakan permintaan untuk tindak lanjut, seperti kesempatan untuk wawancara.

18. Salam Penutup: Gunakan salam penutup yang sopan, seperti “Hormat saya” atau “Terima kasih atas perhatiannya.”

19. Tanda Tangan: Tinggalkan ruang untuk tanda tangan di bawah salam penutup.

20. Review dan Edit: Sebelum mengirim, periksa dan edit surat Anda secara menyeluruh untuk memastikan tidak ada kesalahan.

Mengambil waktu untuk merencanakan, menulis, dan mengedit surat lamaran kerja Anda dengan cermat dapat memberikan keunggulan dalam proses pencarian pekerjaan. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat menciptakan surat lamaran yang tepat dan menarik perhatian HRD, sehingga meningkatkan peluang Anda untuk diterima dalam posisi yang Anda idamkan.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *