Cara Memeriksa NUPTK Secara Daring dan Luring di Tahun 2023

Cara Memeriksa NUPTK Secara Daring dan Luring di Tahun 2023: Panduan Langkah demi Langkah

NUPTK (Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan) merupakan identifikasi resmi yang diberikan kepada para pendidik dan tenaga kependidikan di Indonesia. Pada tahun 2023, proses pemeriksaan NUPTK dapat dilakukan secara daring (online) maupun luring (offline). Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan langkah demi langkah tentang cara memeriksa NUPTK menggunakan kedua metode tersebut.

Pemeriksaan NUPTK Secara Daring (Online):

Langkah 1: Persiapkan Data Diri

Sebelum memulai proses pemeriksaan NUPTK secara daring, pastikan Anda memiliki data diri yang lengkap dan akurat. Data ini mencakup NIK (Nomor Induk Kependudukan), nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, serta informasi pendidikan terakhir.

Langkah 2: Akses Situs Resmi Dapodik

Dalam pemeriksaan NUPTK secara daring, Anda perlu mengakses situs resmi Dapodik (Data Pokok Pendidikan) yang merupakan platform Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia. Buka browser web Anda dan ketikkan alamat “https://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/“.

Langkah 3: Pilih Menu Pencarian NUPTK

Setelah mengakses situs Dapodik, carilah menu atau opsi yang berkaitan dengan pencarian NUPTK. Biasanya, opsi ini ditemukan pada halaman utama atau di bagian menu navigasi atas.

Langkah 4: Isi Data Pencarian

Di halaman pencarian NUPTK, Anda akan diminta untuk mengisi data diri yang diperlukan, seperti NIK, nama, tempat dan tanggal lahir. Pastikan Anda memasukkan data dengan benar untuk mendapatkan hasil pencarian yang akurat.

Langkah 5: Verifikasi Captcha

Sebagai langkah keamanan, situs akan meminta Anda untuk memasukkan kode Captcha atau menjalani tes sederhana untuk memastikan bahwa Anda bukan robot.

Langkah 6: Tampilkan Hasil Pencarian

Setelah semua data terisi dan Captcha diverifikasi, Anda dapat menekan tombol “Cari” atau “Submit” untuk melanjutkan. Situs akan menampilkan hasil pencarian yang mencakup informasi NUPTK dan detail lainnya.

Langkah 7: Catat atau Simpan Informasi

Jika hasil pencarian menampilkan NUPTK Anda, pastikan untuk mencatat atau menyimpan informasi ini dengan aman. NUPTK merupakan identifikasi penting dalam lingkungan pendidikan.

Pemeriksaan NUPTK Secara Luring (Offline):

Langkah 1: Persiapkan Data Diri dan Dokumen Pendukung

Sama seperti dalam metode daring, Anda perlu memiliki data diri dan dokumen pendukung seperti KTP, ijazah terakhir, serta dokumen lain yang relevan.

Langkah 2: Kunjungi Kantor Dinas Pendidikan Terdekat

Untuk pemeriksaan NUPTK secara luring, Anda perlu mengunjungi kantor Dinas Pendidikan terdekat. Di sana, Anda akan mendapatkan bantuan dari petugas yang berwenang dalam proses pemeriksaan NUPTK.

Langkah 3: Serahkan Data dan Dokumen Pendukung

Serahkan data diri dan dokumen pendukung kepada petugas yang bertugas. Mereka akan membantu Anda dalam proses pemeriksaan dan memberikan informasi lebih lanjut mengenai status NUPTK Anda.

Langkah 4: Tunggu Konfirmasi dan Hasil

Setelah memberikan data dan dokumen, Anda perlu menunggu konfirmasi dan hasil dari petugas. Mereka akan melakukan verifikasi berdasarkan dokumen yang Anda berikan sebelum memberikan informasi mengenai NUPTK Anda.

Langkah 5: Catat atau Simpan Informasi

Jika proses luring berhasil dan Anda mendapatkan NUPTK, pastikan untuk mencatat atau menyimpan informasi ini dengan baik.

Dalam artikel ini, kami telah membahas panduan langkah demi langkah untuk memeriksa NUPTK secara daring dan luring di tahun 2023. Baik metode daring maupun luring memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing. Pemeriksaan secara daring Anda untuk melakukan proses ini dengan cepat dan mudah, sementara pemeriksaan secara luring lebih cocok jika Anda membutuhkan bantuan petugas dalam proses verifikasi. Pastikan untuk memilih metode yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan selalu menjaga kerahasiaan informasi pribadi Anda.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *