Sales Comparison Approach – Penjelasan Pengertian Istilah Makna Arti Sales Comparison Approach adalah

Sales Comparison Approach dalam Kamus Dunia Property Real Estate di Indonesia, Maka Sales Comparison Approach merupakan kata kata yang sering digunakan oleh para pelaku industri properti baik developer properti maupun makelar broker properti. Meskipun kata kata tersebut jarang sekali dimengerti Sebagian Banyak Orang pada umumnya.

Sales Comparison Approach adalah cara menentukan nilai pasar dengan cara membandingkan properti dengan properti lain yang memiliki karakteristik sama/mirip.

Penggunaan makna Sales Comparison Approach sendiri dalam industri properti adalah untuk menentukan nilai pasar suatu properti dengan membandingkannya dengan penjualan properti serupa di sekitarnya. Pendekatan ini juga dikenal sebagai pendekatan perbandingan penjualan atau pendekatan pasar. Ini adalah salah satu metode yang umum digunakan dalam penilaian properti.

SCA mengasumsikan bahwa nilai properti dapat ditentukan dengan membandingkannya dengan properti serupa yang telah terjual baru-baru ini di wilayah yang sama atau wilayah yang mirip. Dalam SCA, penilai properti akan mencari properti serupa dengan properti yang sedang dinilai dalam hal lokasi, ukuran, jenis bangunan, kondisi fisik, fasilitas, dan karakteristik lainnya.

Dengan menggunakan data penjualan properti serupa sebagai acuan, penilai akan melakukan penyesuaian untuk memperhitungkan perbedaan antara properti yang sedang dinilai dan properti serupa. Penyesuaian ini dilakukan untuk faktor-faktor seperti ukuran properti, luas tanah, usia bangunan, fasilitas tambahan, kondisi fisik, dan faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi nilai properti.

Setelah penyesuaian dilakukan, penilai akan membandingkan harga penjualan properti serupa yang telah disesuaikan dengan properti yang sedang dinilai. Dengan cara ini, mereka dapat menghasilkan perkiraan nilai pasar properti yang sedang dinilai berdasarkan perbandingan dengan penjualan properti serupa.

SCA sering digunakan dalam industri properti untuk menentukan harga jual properti, penentuan nilai aset, perhitungan pajak properti, dan keperluan penilaian properti lainnya. Pendekatan ini dapat memberikan pandangan yang baik tentang nilai pasar properti berdasarkan data penjualan aktual, dan juga mempertimbangkan perbedaan antara properti yang sedang dinilai dengan properti serupa di sekitarnya.

 

Semoga penjelasan definisi kosakata Sales Comparison Approach dapat menambah wawasan serta pengetahuan anda dalam berkomunikasi secara lisan atau tertulis.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *