Tanpa Renovasi, Berikut Tips Membuat Rumah Tradisional Menjadi Lebih Modern

Rumah tradisional bisa terlihat mencolok dan berbeda dari rumah-rumah lain, namun bisa juga terlihat kurang menarik. Jika rumah tradisional Anda saat ini mulai terlihat kurang menarik, Anda perlu segera mengambil tindakan. Namun untuk menjadikan rumah tradisional ini semakin modern dan menarik, seringkali masyarakat harus mengeluarkan biaya renovasi. Beruntungnya, kini ada tips dan trik yang bisa Anda gunakan untuk menjadikan rumah tradisional Anda lebih modern tanpa harus melakukan renovasi.

Berikut beberapa cara untuk melakukan ini.

1. Set meja dan kursi terpisah

Tips pertama agar rumah tradisional terlihat lebih modern tanpa perlu renovasi adalah dengan memisahkan set meja dan kursi. Anda mungkin akan menemui kesulitan jika membeli set meja dan kursi yang sesuai dengan gaya rumah tradisional. Namun jangan khawatir, karena Anda bisa menyingkirkan beberapa set furnitur yang ada untuk memberi ruang bagi ide rumah modern. Dalam rumah modern, kita memang akan melihat bahwa setiap perabot dipilih dengan cermat untuk menonjolkan ruang, namun belum tentu menjadi bagian dari keseluruhan yang harmonis.

2. Menyederhanakan keadaan di rumah

Jika Anda merasa rumah Anda penuh dengan furnitur atau barang pajangan, inilah saatnya untuk menyederhanakan. Terlalu banyak gambar atau barang lain yang dipajang akan membuat rumah terkesan sempit dan keluar dari konsep modern. Oleh karena itu, mereka yang ingin menghadirkan nuansa modern pada rumah tradisional sebaiknya menyederhanakan elemen-elemen yang terdapat pada rumah Anda. Konsep rumah yang benar-benar modern menghindari penumpukan furnitur di dalam rumah.

3. Warna yang tajam

Trik selanjutnya untuk membuat rumah tradisional menjadi lebih modern tanpa perlu renovasi adalah dengan menonjolkan warnanya. Untuk memberikan nuansa modern pada hunian ini, diperlukan warna-warna kontras tinggi dan palet warna yang terintegrasi. Warna kontras tinggi ini akan sangat membantu menciptakan nuansa ruang yang bersih dan segar. Sedangkan jika setiap ruangan dihadirkan dalam palet warna yang menyatu, maka akan tercipta kesan lembut dan modern yang menyebar dari satu ruangan ke ruangan lainnya. Usahakan menghindari warna krem ‚Äč‚Äčterang. Untuk mengatasinya, coba gunakan warna-warna cerah seperti hitam, putih dan warna kontras lainnya. Pilihan lainnya adalah menambahkan perangkat keras hitam ke lemari putih. Anda juga bisa menghadirkan beberapa tanaman hias berwarna hijau terang untuk menambah daya tarik ruangan berwarna putih bersih.

4. Pilih Tekstil Ringan

Gaya hunian modern lebih mengandalkan beragam pilihan tekstil ringan. Oleh karena itu, daripada membuat brokat tebal, sebaiknya pilih linen dan katun ringan. Cukup lepaskan tirai berbahan tebal dan ganti dengan tirai yang lebih terang dan terang. Anda juga harus membuang permadani wol yang tebal dan menggantinya dengan permadani kulit imitasi atau bahkan permadani lamun yang ringan.

5. Menonjolkan Arsitektur dan Bentuknya

Terakhir, trik membuat rumah tradisional menjadi lebih modern tanpa harus renovasi adalah dengan menonjolkan arsitektur dan bentuknya. Desain rumah modern seolah mengedepankan ragam bentuk dan arsitektur. Jadi jika Anda memiliki rumah dengan bentuk atau arsitektur yang mencolok, pastikan untuk memfokuskan dan menyorotnya. Jika Anda kesulitan menemukan bagian rumah yang tepat untuk ditonjolkan, Anda bisa menghubungi jasa arsitek.

Berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk membuat rumah tradisional menjadi lebih modern. Dari sini, bagi yang serius ingin merenovasi rumah tradisional, cobalah menerapkan beberapa tips di atas terlebih dahulu agar tidak merogoh kocek terlalu dalam.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *