Ubin keramik atau porselen mana yang lebih baik untuk digunakan di luar?

Ubin keramik telah menjadi pilihan banyak keluarga selama bertahun-tahun karena telah terbukti tahan lama. Selain itu, tersedia dalam berbagai ukuran, warna, pola, dan desain, ubin keramik adalah pilihan yang bagus untuk mempercantik tampilan rumah Anda. Namun, ada pertanyaan apakah ubin keramik ini dapat digunakan di luar ruangan? Apa hubungannya dengan ubin porselen? Apakah lebih baik digunakan di luar? Ini adalah penjelasannya.

Ubin dari keramik

Ubin keramik dapat digunakan baik di dalam maupun di luar ruangan, menurut informasi lama Trini Tile. Namun, untuk digunakan di luar ruangan, ubin harus memiliki peringkat Porcelain Enamel Institute (PEI) yang tinggi, yang berarti ubin harus memiliki daya tahan yang tinggi, yang ditunjukkan dengan skor PEI 4 atau 5. Untuk menghindari permukaan licin yang berbahaya, pastikan ubin keramik yang digunakan tidak diberi glasir atau lapisan kilap.

Ubin dari Porselen

Lantai dapat menjadi lebih licin karena siraman air di taman menyebabkan bagian luar ruangan rentan terpapar hujan atau basah. Jika Anda ingin menggunakan ubin keramik di luar ruangan, ubin porselen, yang tersedia dalam berbagai jenis, adalah pilihan yang tepat. Mulai dari yang berbentuk batu bata hingga yang memiliki motif khusus. Dibandingkan dengan ubin keramik, ubin porselen lebih baik digunakan di luar karena kuat, tahan lama, dan tidak berpori. Selain itu, ubi porselen memiliki sifat anti slip, tidak perlu banyak perawatan, dan tahan terhadap goresan.

Faktor yang harus dipertimbangkan saat memilih ubin keramik dan porselen

Untuk membuat ubin outdoor, keramik dan porselen adalah dua bahan yang populer. Namun, untuk membuat keputusan yang tepat, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan.

Pertama dan terpenting, ubin keramik biasanya lebih murah daripada porselen, yang dapat menjadi pertimbangan penting bagi mereka yang memiliki anggaran terbatas. Namun, jangan lupa bahwa harga bukan satu-satunya faktor yang harus dipertimbangkan saat memilih bahan untuk area luar ruangan.

Kedua, porselen lebih tahan lama dan lebih tahan terhadap cuaca ekstrim, sehingga cocok untuk lingkungan dengan cuaca yang keras dan di mana ubin sering terkena sinar matahari langsung sepanjang hari. Porselen juga lebih tahan terhadap noda dan goresan daripada keramik, sehingga ubin lebih tahan lama.

Ketiga, porselen lebih baik dalam hal daya tahan slip karena permukaannya yang lebih kasar dan tidak mudah licin. Ini membuatnya lebih aman untuk digunakan di sekitar kolam renang atau tempat outdoor yang terkena air lainnya.

Ketidakcukupan ubin porselen

Meskipun porselen memiliki banyak keuntungan, ada beberapa kekurangan. Pertama, ubin porselen biasanya lebih sulit dipasang daripada ubin keramik. Porselen lebih berat dan lebih sulit dipotong, sehingga instalasi dapat memakan waktu dan biaya lebih banyak.

Kedua, pada hari-hari yang sangat panas, berjalan dengan kaki telanjang mungkin tidak nyaman karena porselen menyerap panas dengan cepat. Ini dapat menjadi masalah jika area di luar digunakan secara teratur untuk bersantai atau bermain.

Ketiga, perawatan porselen lebih mahal daripada ubin keramik. Porselen sering membutuhkan perawatan khusus untuk mempertahankan kualitasnya, seperti membersihkannya dan melindunginya dari noda dan goresan.

Kesimpulan

Jadi, untuk area luar, porselen mungkin lebih baik karena kuat dan tahan cuaca, tetapi ubin keramik mungkin lebih baik jika Anda mempertimbangkan biaya atau perawatan. Pastikan untuk memilih bahan yang sesuai untuk kebutuhan Anda dan pikirkan apa yang paling penting bagi Anda.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *